Penentuan Strategi Pemasaran Produk Kopi Banten Berdasarkan Pendekatan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces Model
Main Author: | Miranda, Dwi Ghina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173771/ |
Daftar Isi:
- UKM Kopi Banten merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri kuliner yang terletak di Serang, Banten. Produk dari UKM Kopi Banten adalah produk kopi yang biji kopinya berasal dari tanah Banten. Saat ini strategi pemasaran yang dilakukan oleh UKM Kopi Banten adalah menggunakan media cetak dengan menggunakan brosur dan media online menggunakan facebook. Namun strategi yang telah dilakukan oleh UKM masih kurang dalam hal menarik konsumen. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke beberapa provinsi di Indonesia yaitu Banten dan Jawa Barat sebanyak 63% responden belum mengetahui produk Kopi Banten. Produk Kopi Banten diakui oleh konsumen memiliki kualitas yang baik, namun promosi dan kemudahan untuk mendapatkan produk perlu ditingkatkan. Maka dari itu perlu dilakukan perencanaan strategi pemasaran yang tepat. Pada penelitian ini untuk penentuan strategi pemasaran menggunakan pendekatan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion untuk menganalisa kondisi internal berdasarkan kondisi produk dan porter’s five forces model untuk menganalisa kondisi eksternal perusahaan. Data-data yang telah dikumpulkan akan diberikan bobot dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Setelah mendapatkan data kondisi internal dan eksternal perusahaan tahap selanjutnya adalah pencocokan dengan menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunities dan Threat (SWOT) dan juga digunakan analisis Internal-Eksternal (IE) matriks yang digunakan sebagai metode kuantitatif penentuan strategi berdasarkan kondisi internal dan eksternal. Selanjutnya tahap terakhir adalah penentuan alternatif strategi yang didapat dari analisis SWOT dan IE menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan selanjutnya dilakukan analisis strategi yang dapat diaplikasikan oleh UKM. Penelitian yang telah dilakukan menunjukan strategi yang tepat digunakan oleh UKM Kopi Banten berdasarkan bauran pemasaran dan porter’s five forces model adalah penetrasi pasar dengan nilai QSPM sebesar 5,669. Strategi penetrasi pasar yang ditawarkan kepada UKM Kopi Banten adalah dengan peningkatan kesadaran konsumen dengan memanfaatkan media cetak dan media elektronik yang disesuaikan dengan generasi dan strategi untuk meningkatkan minat konsumen dan loyalitas konsumen untuk membeli produk Kopi Banten baik retailer ataupun end user adalah dengan memberikan tawaran menarik kepada konsumen seperti potongan harga dan rewards poin saat membeli produk dengan kuantitas yang banyak.