Penentuan Strategi Pemasaran Produk Kopi Banten Berdasarkan Pendekatan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces Model
Main Author: | Miranda, Dwi Ghina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173771/ |
ctrlnum |
173771 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/173771/</relation><title>Penentuan Strategi Pemasaran Produk Kopi Banten Berdasarkan
Pendekatan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces Model</title><creator>Miranda, Dwi Ghina</creator><subject>658.8 Managemet of marketing</subject><description>UKM Kopi Banten merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri kuliner
yang terletak di Serang, Banten. Produk dari UKM Kopi Banten adalah produk kopi yang
biji kopinya berasal dari tanah Banten. Saat ini strategi pemasaran yang dilakukan oleh UKM
Kopi Banten adalah menggunakan media cetak dengan menggunakan brosur dan media
online menggunakan facebook. Namun strategi yang telah dilakukan oleh UKM masih
kurang dalam hal menarik konsumen. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner ke beberapa provinsi di Indonesia yaitu Banten dan Jawa Barat
sebanyak 63% responden belum mengetahui produk Kopi Banten. Produk Kopi Banten
diakui oleh konsumen memiliki kualitas yang baik, namun promosi dan kemudahan untuk
mendapatkan produk perlu ditingkatkan. Maka dari itu perlu dilakukan perencanaan strategi
pemasaran yang tepat.
Pada penelitian ini untuk penentuan strategi pemasaran menggunakan pendekatan
bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion untuk menganalisa kondisi
internal berdasarkan kondisi produk dan porter’s five forces model untuk menganalisa
kondisi eksternal perusahaan. Data-data yang telah dikumpulkan akan diberikan bobot
dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Setelah mendapatkan data
kondisi internal dan eksternal perusahaan tahap selanjutnya adalah pencocokan dengan
menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunities dan Threat (SWOT) dan juga
digunakan analisis Internal-Eksternal (IE) matriks yang digunakan sebagai metode
kuantitatif penentuan strategi berdasarkan kondisi internal dan eksternal. Selanjutnya tahap
terakhir adalah penentuan alternatif strategi yang didapat dari analisis SWOT dan IE
menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan selanjutnya dilakukan
analisis strategi yang dapat diaplikasikan oleh UKM.
Penelitian yang telah dilakukan menunjukan strategi yang tepat digunakan oleh UKM
Kopi Banten berdasarkan bauran pemasaran dan porter’s five forces model adalah penetrasi
pasar dengan nilai QSPM sebesar 5,669. Strategi penetrasi pasar yang ditawarkan kepada
UKM Kopi Banten adalah dengan peningkatan kesadaran konsumen dengan memanfaatkan
media cetak dan media elektronik yang disesuaikan dengan generasi dan strategi untuk
meningkatkan minat konsumen dan loyalitas konsumen untuk membeli produk Kopi Banten
baik retailer ataupun end user adalah dengan memberikan tawaran menarik kepada
konsumen seperti potongan harga dan rewards poin saat membeli produk dengan kuantitas
yang banyak.</description><date>2019-09-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Miranda, Dwi Ghina (2019) Penentuan Strategi Pemasaran Produk Kopi Banten Berdasarkan Pendekatan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2019/801/051907729</relation><recordID>173771</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Miranda, Dwi Ghina |
title |
Penentuan Strategi Pemasaran Produk Kopi Banten Berdasarkan
Pendekatan Bauran Pemasaran dan Porter’s Five Forces Model |
publishDate |
2019 |
topic |
658.8 Managemet of marketing |
url |
http://repository.ub.ac.id/173771/ |
contents |
UKM Kopi Banten merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri kuliner
yang terletak di Serang, Banten. Produk dari UKM Kopi Banten adalah produk kopi yang
biji kopinya berasal dari tanah Banten. Saat ini strategi pemasaran yang dilakukan oleh UKM
Kopi Banten adalah menggunakan media cetak dengan menggunakan brosur dan media
online menggunakan facebook. Namun strategi yang telah dilakukan oleh UKM masih
kurang dalam hal menarik konsumen. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner ke beberapa provinsi di Indonesia yaitu Banten dan Jawa Barat
sebanyak 63% responden belum mengetahui produk Kopi Banten. Produk Kopi Banten
diakui oleh konsumen memiliki kualitas yang baik, namun promosi dan kemudahan untuk
mendapatkan produk perlu ditingkatkan. Maka dari itu perlu dilakukan perencanaan strategi
pemasaran yang tepat.
Pada penelitian ini untuk penentuan strategi pemasaran menggunakan pendekatan
bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion untuk menganalisa kondisi
internal berdasarkan kondisi produk dan porter’s five forces model untuk menganalisa
kondisi eksternal perusahaan. Data-data yang telah dikumpulkan akan diberikan bobot
dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Setelah mendapatkan data
kondisi internal dan eksternal perusahaan tahap selanjutnya adalah pencocokan dengan
menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunities dan Threat (SWOT) dan juga
digunakan analisis Internal-Eksternal (IE) matriks yang digunakan sebagai metode
kuantitatif penentuan strategi berdasarkan kondisi internal dan eksternal. Selanjutnya tahap
terakhir adalah penentuan alternatif strategi yang didapat dari analisis SWOT dan IE
menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) dan selanjutnya dilakukan
analisis strategi yang dapat diaplikasikan oleh UKM.
Penelitian yang telah dilakukan menunjukan strategi yang tepat digunakan oleh UKM
Kopi Banten berdasarkan bauran pemasaran dan porter’s five forces model adalah penetrasi
pasar dengan nilai QSPM sebesar 5,669. Strategi penetrasi pasar yang ditawarkan kepada
UKM Kopi Banten adalah dengan peningkatan kesadaran konsumen dengan memanfaatkan
media cetak dan media elektronik yang disesuaikan dengan generasi dan strategi untuk
meningkatkan minat konsumen dan loyalitas konsumen untuk membeli produk Kopi Banten
baik retailer ataupun end user adalah dengan memberikan tawaran menarik kepada
konsumen seperti potongan harga dan rewards poin saat membeli produk dengan kuantitas
yang banyak. |
id |
IOS4666.173771 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:57:25Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:57:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454089671081984 |
score |
17.538404 |