Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah di Kojamashop: Theory of Planned Behavior, Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Karakteristik Inovasi Instagram

Main Author: Nurulita, Addini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173407/
Daftar Isi:
  • Saat ini, instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan. Hal tersebut terjadi karena instagram memberikan banyak fitur yang dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan jual beli buah secara online. Kojamashop merupakan salah akun yang memanfaatkan kebebasan yang diberikan oleh instagram dengan menjadikan akunnya menjadi toko online. dan menawarkan berbagai jenis produk dengan produk utamanya adalah buah. Pembelian buah secara online memiliki risiko barang rusak yang lebih besar karena komoditas buah yang tidak memiliki waktu simpan yang lama, pengemasan yang lebih rumit dan ada tambahan waktu untuk pengiriman. Namun, dengan semua risiko tersebut, masih terdapat konsumen yang membeli buah secara online. Peneliti melihat ada beberapa faktor yang mempengaruhi sikap konsumen sehingga tetap melakukan pembelian buah melalui instagram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, melalui analisis deskriptif dan metode SEM-PLS yang akan menguji Theory of Planned Behavior (TPB), Electronic Word of Mouth (eWOM), karakteristik inovasi instagram, dan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis pengaruh Theory of Planned Behavior terhadap keputusan pembelian buah di Kojamashop, (2) Menganalisis peran variabel moderasi eWOM terhadap variabel niat beli dalam memengaruhi keputusan pembelian buah di Kojamashop (3) Menganalisis peran variabel moderasi Karakteristik Instagram terhadap niat beli dalam memengaruhi keputusan pembelian buah di Kojamashop Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel niat beli yang memiliki pengaruh tersebesar dalam memengaruhi keputusan pembelian buah di Kojamashop jika dilihat dari effect size. Variabel niat beli terbentuk karena adanya variabel sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku. Ketiga variabel tersebut memengaruhi variabel niat beli secara signifikan. Peran variabel moderasi eWOM pada penelitian ini adalah memperkuat variabel niat beli dalam memengaruhi variabel keputusan pembelian buah di Kojamashop namun efek yang diberikan termasuk kriteria medium. Peran variabel moderasi karakteristik instagram pada penelitian ini adalah memperkuat variabel niat beli dalam memengaruhi keputusan pembelian buah di Kojamashop namun efek yang diberikan termasuk ke dalam kriteria lemah.