Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Frekuensi Pembelian Produk Pia Cap Mangkok Di Kota Malang, Jawa Timur
Main Author: | Amla, Zahrotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173116/ |
Daftar Isi:
- Merek memiliki peranan yang sangat penting dalam strategi pemasaran, merek bukan hanya dianggap sebagai sebuah nama, logo atau simbol. Lebih dari itu, merek merupakan nilai yang ditawarkan sebuah produk bagi konsumen yang memakainya. Brand image sangat penting diperhatikan oleh perusahaan, brand image yang baik dapat menimbulkan nilai emosional pada diri konsumen, dimana akan timbul perasaan positif pada saat membeli atau menggunakan merek tertentu. Begitu pula sebaliknya, apabila suatu merek memiliki citra yang buruk di mata konsumen, kecil kemungkinan konsumen untuk membeli produk tersebut (Fitri, 2007). Berdasarkan uraian diatas, brand image merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh agroindustri Pia Cap Mangkok dalam memasarkan produknya, sehingga konsumen dapat loyal terhadap produk tersebut. Pia Cap Mangkok merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas kota Malang. Munculnya berbagai macam oleh-oleh khas kota Malang menyebabkan persaingan diantara sesama agroindustri. Pia Cap Mangkok merupakan salah satu yang mempelopori oleh-oleh khas kota Malang. Lokasi dari agroindustri Pia Cap Mangkok ini di Jl. Semeru no. 25 Malang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh komponen citra merek secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan produk Pia Cap Mangkok. Selanjutnya, menganalisis besarnya pengaruh masing-masing komponen citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk Pia Cap Mangkok. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komponen citra merek secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan pia cap mangkok. Selanjutnya, menganalisis besarnya pengaruh masing-masing komponen citra merek terhadap frekuensi pembelian produk pia cap mangkok. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap frekuensi pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing faktor tersebut yang kurang dari 0,05. Nilai koefisien regresi faktor citra perusahaan sebesar 0,152, sedangkan variabel citra pemakai memiliki koefisien sebesar 0,340, dan citra produk memiliki koefisien sebesar 0,580. Hal ini dapat diartikan, bahwa apabila citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk ditingkatkan, maka loyalitas pelanggan dapat meningkat sebesar angka koefisien regresi yang disumbangkan oleh masing-masing faktor tersebut. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa citra produk adalah variabel yang paling dominan.