Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Keripik Tempe Yang Berkelanjutan Di Daerah Sanan Kota Malang
Main Author: | Putera, Sukraj |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173029/1/SUKRAJ%20PUTERA%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/173029/ |
Daftar Isi:
- Pada tahun 2011 terdapat 55.530.000 UMKM di Indonesia sehingga 99% dari total bisnis yang ada di Indonesia merupakan UMKM. Permasalahannya adalah banyak UMKM masih menggunakan metode pemasaran yang tidak berkelanjutan. Pemasaran yang berkelanjutan atau “Sustainable Marketing” merupakan hal yang sedang hangat dibicarakan, hal ini disebabkan Sustainable Marketing tidak hanya berisi tentang perubahan dalam proses manufaktur produk dan pengiriman perusahaan tertentu, tetapi memiliki 3 prinsip utama yaitu ekonomi, lingkungan dan sosial. Perkembangan UMKM sangat diperlukan mengingat revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung, maka dari itu UMKM lokal harus mampu mengembangkan bisnisnya agar mampu mengikuti perkembangan zaman. Penentuan sampel ini dilakukan melalui metode stratified random sampling yaitu berdasarkan jumlah tenaga kerja. Sampel penelitian ini adalah 3 UMKM keripik tempe Sanan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif serta analisis SWOT dengan pendekatan kuantitatif. Posisi kuadran matriks IE UMKM Sanan terdapat pada sel IV yang menunjukan stability strategy sehingga strategi yang dapat diterapkan perusahaan berfokus pada 3 langkah utama yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar serta pengembangan produk. Hambatan terbesar yang dihadapi UMKM adalah faktor modal yang rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa teradapat 8 strategi alternatif yang dapat dilakukan. Prioritas tertinggi yaitu meningkatkan pemasaran secara offline.