Usulan Strategi Pemasaran pada Produk Donat di PT Citra Putri Prima Lestari
Main Author: | Rofik, Firlyana Nurafifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172871/ |
Daftar Isi:
- PT Citra Putri Prima Lestari merupakan perusahaan yang memproduksi donat, yang mulai beroperasi dari tahun 2012. Tetapi dalam kurun waktu empat tahun terakhir, perusahaan terus mengalami penurunan penjualan produk donat. Padahal tingkat persaingan untuk memperebutkan pasar menjadi semakin sulit, karena semakin banyaknya kompetitor dengan produk sejenis maupun produk substitusi yang mulai memasuki pasar. Sehingga perlu adanya penelitian untuk melakukan penilaian terhadap strategi yang akan diimplementasikan perusahaan, agar mampu mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi internal maupun eksternal yang mempengaruhi perusahaan, serta mencari alternatif strategi yang paling sesuai dengan kondisi perusahaan. Dalam proses mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal perusahaan menggunakan bantuan dari Internal Evaluation Matriks (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE), serta untuk mencocokan alternatif strategi yang sesuai dilakukan dengan menggunakan Matriks Internal-Eksternal (IE) dan Matriks TOWS. Terakhir untuk memilih alternatif strategi yang paling direkomendasikan dilakukan dengan menggunakan bantuan dari Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian yang dilakukan terdapat 50 faktor yang mempengaruhi PT Citra Putri Prima Lestari, mencakup 35 kondisi internal dan 15 kondisi eksternal. Faktor internal terdiri dari 18 faktor kekuatan dan kelemahan 17 faktor. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari 9 faktor kesempatan dan 6 faktor yang menjadi ancaman perusahaan. Dari kondisi internal dan eksternal yang sudah diidentifikasi, terdapat dua puluh satu strategi dirumuskan. Lima strategi dibangkitkan dari Matriks IE dan enam belas strategi dibangkitkan dari Matriks TOWS, dengan posisi perusahaan berada dalam sel V yang dapat dikelola dengan baik menggunakan strategi mempertahankan dan dijaga. Untuk memilih alternatif strategi yang paling sesuai dilakukan menggunakan QSPM. Lima alternatif strategi yang paling direkomendasikan terkait pengembangan produk, promosi dan membina relasi dengan konsumen adalah membuat tart donat, membuat inovasi produk dari segi penyusunan dan bentuk produk, menggalakan program promosi dengan memberdayakan sosial media, pemberian reward untuk konsumen yang mengunggah produk ke sosial media dan pembuatan booth serta kontrak terkait kerjasama dengan pihak luar seperti rumah makan, kedai kopi, EO dan jasa catering.