Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (survei pada karyawan Universitas Brawijaya pemilik sepeda motor merek Honda)

Main Author: Basya, Basthomy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172855/1/Basthomy%20Basya.pdf
http://repository.ub.ac.id/172855/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi yang semakin pesat embuat setiap perusahaan yang ada, khususnya perusahaan yang berkiprah dibidang teknologi saling menunjukkan inovasi-inovasi yang baru. Kesadaran konsumen dalam mempertimbangkan keputusan pembelian menjadi sebuah landasan bagi perusahaan untuk memberikan kualitas yang baik terhadap produk yang ditawarkan kepada konsumen. Setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya dan mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba. Kualitas produk dan layanan purna jual salah satu strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas produk Honda (AHM) terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh layanan purna jual perusahaan Honda (AHM) terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan layanan purna jual secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yakni penelitian eksplanatori (explanatory research). Menurut Hermawan (2009:20), explanatory research merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1) terhadap Kualitas Produk (Y), Pengaruh Layanan Purna Jual (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dapat dilihat dari nilai signifikan F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai adjust R spuare sebesar 0,377. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel kualitas produk dan layanan purna jual sebesar 37,7% sedangkan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, secara parsial variabel kualitas produk sebesar 0,320 dan variabel layanan purna jual sebesar 0,177 berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.