Pengaruh Penerapan Program Corporate Social Responsibility Dalam Membentuk Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli (Survei Pada Program Csr Pt. Amerta Indah Otsuka Di Hutan Kota Malabar Malang)
Main Author: | Nugroho, Agustyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172669/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran CSR yang selama ini dianggap hanya sebatas menggugurkan kewajiban bagi perusahaan, padahal mampu meningkatkan citra perusahaan dan daya beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh penerapan program Corporate Social Responsibility terhadap Brand Image, (2) pengaruh penerapan program Corporate Social Responsibility terhadap Minat Beli, (3) pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian terdiri dari Corporate Social Responsibility (CSR), Brand Image dan Minat Beli. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung atau pernah berkunjung ke Hutan Kota Malabar, berusia 17 tahun ke atas dan mengetahui program CSR PT. Amerta Indah Otsuka di Hutan Kota Malabar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden dengan menggunakan metode non-probability sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (X) berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (Y1), variabel Corporate Social Responsibility (X) berpengaruh signifikan terhadap (Y2) dan Brand Image (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y2). Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya PT. Amerta Indah Otsuka mempertahankan kualitas dari program CSR yang sedang dijalankan dan meningkatkan kualitas Brand Image perusahaan. Sebab Brand Image memiliki peran yang besar dalam meningkatkan Minat Beli masyarakat terhadap produk yang dikeluarkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka