Penerapan Sistem Online Single Submission (OSS) Pada Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang

Main Author: Asysyifa, Yasmina Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172639/1/Yasmina%20Nur%20Asysyifa.pdf
http://repository.ub.ac.id/172639/
ctrlnum 172639
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/172639/</relation><title>Penerapan Sistem Online Single Submission (OSS) Pada Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang</title><creator>Asysyifa, Yasmina Nur</creator><subject>352.63 Civil service system</subject><description>Pelayanan publik bidang yang saat ini berevolusi secara signifikan dalam perkembangan teknologi. Pelayanan perizinan merupakan salah satu pelayanan yang sering dikeluhkan masyarakat khususnya para pengusaha dengan perizinan yang terbelit-belit hingga proses penyelesaian yang lama. Menghadapi hal tersebut, pemerintah mengembangkan sistem Online Single Submission (OSS) untuk memudahkan perizinan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik pemerintah daerah Kabupaten Malang melaksanakan pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat untuk menerapkan sistem OSS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan. Kedua, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang menjadi fokus pada penelitian ini pertama penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan diukur melalui support, capacity dan value. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem OSS pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang sudah berhasil di terapkan dan berjalan dengan baik. Dilihat dari dukungan DPMPTSP Kabupaten Malang. Ketersediaan sumber daya infrastruktur berupa komputer, printer dan jaringan internet serta sumber daya manusia yang berkompeten dalam penggunaan teknologi. Serta manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya pengurangan keluhan masyarakat. Dalam penerapan sistem OSS terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu sumber daya infrastruktur dan sumber daya manusaia. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapannya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang sistem OSS dan sistem OSS yang masih pada masa transisi. Saran peneliti mengenai penelitian ini untuk mengoptimalisasi penerapan sistem OSS adalah pertama, diberlakukan sosialisasi yang berkala dan terjadwal kepada masyarakat mengenai sistem OSS dan Pengawasan terhadap sistem OSS agar sistem ini berjalan dengan baik dan terus mengalami penyempurnaan.</description><date>2019-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/172639/1/Yasmina%20Nur%20Asysyifa.pdf</identifier><identifier> Asysyifa, Yasmina Nur (2019) Penerapan Sistem Online Single Submission (OSS) Pada Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2019/545/051906797</relation><recordID>172639</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Asysyifa, Yasmina Nur
title Penerapan Sistem Online Single Submission (OSS) Pada Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang
publishDate 2019
topic 352.63 Civil service system
url http://repository.ub.ac.id/172639/1/Yasmina%20Nur%20Asysyifa.pdf
http://repository.ub.ac.id/172639/
contents Pelayanan publik bidang yang saat ini berevolusi secara signifikan dalam perkembangan teknologi. Pelayanan perizinan merupakan salah satu pelayanan yang sering dikeluhkan masyarakat khususnya para pengusaha dengan perizinan yang terbelit-belit hingga proses penyelesaian yang lama. Menghadapi hal tersebut, pemerintah mengembangkan sistem Online Single Submission (OSS) untuk memudahkan perizinan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik pemerintah daerah Kabupaten Malang melaksanakan pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat untuk menerapkan sistem OSS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan. Kedua, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang menjadi fokus pada penelitian ini pertama penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan diukur melalui support, capacity dan value. Kedua, faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan sistem OSS pada pelayanan perizinan Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem OSS pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang sudah berhasil di terapkan dan berjalan dengan baik. Dilihat dari dukungan DPMPTSP Kabupaten Malang. Ketersediaan sumber daya infrastruktur berupa komputer, printer dan jaringan internet serta sumber daya manusia yang berkompeten dalam penggunaan teknologi. Serta manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya pengurangan keluhan masyarakat. Dalam penerapan sistem OSS terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu sumber daya infrastruktur dan sumber daya manusaia. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapannya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang sistem OSS dan sistem OSS yang masih pada masa transisi. Saran peneliti mengenai penelitian ini untuk mengoptimalisasi penerapan sistem OSS adalah pertama, diberlakukan sosialisasi yang berkala dan terjadwal kepada masyarakat mengenai sistem OSS dan Pengawasan terhadap sistem OSS agar sistem ini berjalan dengan baik dan terus mengalami penyempurnaan.
id IOS4666.172639
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:56:30Z
last_indexed 2021-10-28T06:56:30Z
recordtype dc
_version_ 1751454102358851584
score 17.538404