Pengaruh Brand Heritage terhadap Customer Perceived Value serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Sarjana Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015 – 2016 yang Menggunakan Sepatu Merek BATA)

Main Author: Wardhani, Dyah Ayu Kusumo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172181/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh Brand Heritage terhadap Customer Perceived Value, (2) menjelaskan pengaruh Customer Perceived Value terhadap Keputusan Pembelian, (3) menjelaskan pengaruh Brand Heritage terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Brand Heritage, Customer Perceived Value, dan Keputusan Pembelian. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sarjana Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang angkatan 2015 – 2016, pernah menggunakan sepatu merek BATA pada saat duduk di bangku sekolah dasar (SD), pernah menggunakan sepatu merek BATA minimal 1 kali dalam 3 tahun terakhir, pernah melakukan pembelian sepatu merek BATA minimal 1 kali dalam 3 tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner secara offline kepada 116 orang responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa Brand Heritage (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Perceived Value (Z), Customer Perceived Value (Z) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Brand Heritage (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Customer Perceived Value (Z). Berdasarkan hasil penelitian, sepatu merek BATA yang telah menjadi brand heritage (warisan merek) tetap perlu memasarkan dan memperkenalkan inovasi produk barunya kepada masyarakat sehingga mampu mempertahankan eksistensinya dengan banyaknya pesaing yang terus bermunculan di masa mendatang begitu pula dengan produk warisan merek lainnya.