Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual
Main Author: | Purnamasari, Ghufrani Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172023/1/Ghufrani%20Kusuma%20P_Skripsi%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172023/ |
Daftar Isi:
- Sistem Informasi Akademik secara khusus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya. Sistem Informasi Akademik merupakan sistem informasi berbasis website yang dikembangkan oleh Bagian Administrasi dan Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Namun pelayanan yang diberikan masih belum maksimal, terbukti dengan masih banyaknya mahasiswa yang mengalami masalah dalam menggunakan Sistem Informasi Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam variabel efficiency, system availability, fulfillment, privacy, contact, responsiveness, compensation dan perceived value. Serta memberikan rekomendasi kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk dapat meningkatkan kualitas layanan Sistem Informasi Akademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara offline kepada responden, dengan populasi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2017-2013, dan sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Setelah itu dilakukan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat kategori rata-rata yang dimiliki oleh tiap variabel berdasarkan pemusatan dan penyebaran data, sehingga didapatkan hasil rata-rata kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa variabel mendapatkan kategori rata-rata cukup baik terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, variabel efficiency mendapatkan nilai 2,87, variabel system availability mendapatkan nilai 3,00, variabel fulfillment mendapatkan nilai 2,90, variabel privacy mendapatkan nilai 3,12, dan variabel responsiveness mendapatkan nilai 2,71 yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel efficiency, system availability, fulfillment, privacy dan responsiveness sudah cukup baik. Sedangkan beberapa variabel lainnya mendapatkan kategori rata-rata tidak baik terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, variabel contact mendapatkan nilai 2,53, variabel compensation mendapatkan nilai 2,54, dan variabel perceived value mendapatkan nilai 2,57, yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel contact, compensation dan perceived value masih kurang baik