Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual

Main Author: Purnamasari, Ghufrani Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/172023/1/Ghufrani%20Kusuma%20P_Skripsi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172023/
ctrlnum 172023
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/172023/</relation><title>Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi&#xD; Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang&#xD; Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual</title><creator>Purnamasari, Ghufrani Kusuma</creator><subject>004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation</subject><description>Sistem Informasi Akademik secara khusus dikembangkan untuk memenuhi&#xD; kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang&#xD; terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas&#xD; sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya. Sistem Informasi Akademik&#xD; merupakan sistem informasi berbasis website yang dikembangkan oleh Bagian&#xD; Administrasi dan Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Namun&#xD; pelayanan yang diberikan masih belum maksimal, terbukti dengan masih&#xD; banyaknya mahasiswa yang mengalami masalah dalam menggunakan Sistem&#xD; Informasi Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas&#xD; layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam&#xD; variabel efficiency, system availability, fulfillment, privacy, contact,&#xD; responsiveness, compensation dan perceived value. Serta memberikan&#xD; rekomendasi kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk dapat&#xD; meningkatkan kualitas layanan Sistem Informasi Akademik. Teknik pengumpulan&#xD; data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara offline kepada&#xD; responden, dengan populasi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang&#xD; angkatan 2017-2013, dan sampel yang digunakan sebanyak 120 responden.&#xD; Setelah itu dilakukan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat kategori&#xD; rata-rata yang dimiliki oleh tiap variabel berdasarkan pemusatan dan penyebaran&#xD; data, sehingga didapatkan hasil rata-rata kategori. Hasil penelitian menunjukkan&#xD; bahwa beberapa variabel mendapatkan kategori rata-rata cukup baik terhadap&#xD; kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,&#xD; variabel efficiency mendapatkan nilai 2,87, variabel system availability&#xD; mendapatkan nilai 3,00, variabel fulfillment mendapatkan nilai 2,90, variabel&#xD; privacy mendapatkan nilai 3,12, dan variabel responsiveness mendapatkan nilai&#xD; 2,71 yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel&#xD; efficiency, system availability, fulfillment, privacy dan responsiveness sudah cukup&#xD; baik. Sedangkan beberapa variabel lainnya mendapatkan kategori rata-rata tidak&#xD; baik terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik&#xD; Ibrahim Malang, variabel contact mendapatkan nilai 2,53, variabel compensation&#xD; mendapatkan nilai 2,54, dan variabel perceived value mendapatkan nilai 2,57,&#xD; yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel contact,&#xD; compensation dan perceived value masih kurang baik</description><date>2019-07-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/172023/1/Ghufrani%20Kusuma%20P_Skripsi%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Purnamasari, Ghufrani Kusuma (2019) Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/447/051905830</relation><recordID>172023</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Purnamasari, Ghufrani Kusuma
title Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual
publishDate 2019
topic 004.2 System analysis and design
computer architecture
performance evaluation
url http://repository.ub.ac.id/172023/1/Ghufrani%20Kusuma%20P_Skripsi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/172023/
contents Sistem Informasi Akademik secara khusus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya. Sistem Informasi Akademik merupakan sistem informasi berbasis website yang dikembangkan oleh Bagian Administrasi dan Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Namun pelayanan yang diberikan masih belum maksimal, terbukti dengan masih banyaknya mahasiswa yang mengalami masalah dalam menggunakan Sistem Informasi Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam variabel efficiency, system availability, fulfillment, privacy, contact, responsiveness, compensation dan perceived value. Serta memberikan rekomendasi kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk dapat meningkatkan kualitas layanan Sistem Informasi Akademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara offline kepada responden, dengan populasi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2017-2013, dan sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Setelah itu dilakukan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat kategori rata-rata yang dimiliki oleh tiap variabel berdasarkan pemusatan dan penyebaran data, sehingga didapatkan hasil rata-rata kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa variabel mendapatkan kategori rata-rata cukup baik terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, variabel efficiency mendapatkan nilai 2,87, variabel system availability mendapatkan nilai 3,00, variabel fulfillment mendapatkan nilai 2,90, variabel privacy mendapatkan nilai 3,12, dan variabel responsiveness mendapatkan nilai 2,71 yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel efficiency, system availability, fulfillment, privacy dan responsiveness sudah cukup baik. Sedangkan beberapa variabel lainnya mendapatkan kategori rata-rata tidak baik terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, variabel contact mendapatkan nilai 2,53, variabel compensation mendapatkan nilai 2,54, dan variabel perceived value mendapatkan nilai 2,57, yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel contact, compensation dan perceived value masih kurang baik
id IOS4666.172023
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:55:57Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:57Z
recordtype dc
_version_ 1751454113443348480
score 17.538404