Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual
Main Author: | Purnamasari, Ghufrani Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/172023/1/Ghufrani%20Kusuma%20P_Skripsi%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172023/ |
ctrlnum |
172023 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/172023/</relation><title>Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi
Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang
Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual</title><creator>Purnamasari, Ghufrani Kusuma</creator><subject>004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation</subject><description>Sistem Informasi Akademik secara khusus dikembangkan untuk memenuhi
kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang
terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas
sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya. Sistem Informasi Akademik
merupakan sistem informasi berbasis website yang dikembangkan oleh Bagian
Administrasi dan Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Namun
pelayanan yang diberikan masih belum maksimal, terbukti dengan masih
banyaknya mahasiswa yang mengalami masalah dalam menggunakan Sistem
Informasi Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas
layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam
variabel efficiency, system availability, fulfillment, privacy, contact,
responsiveness, compensation dan perceived value. Serta memberikan
rekomendasi kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk dapat
meningkatkan kualitas layanan Sistem Informasi Akademik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara offline kepada
responden, dengan populasi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
angkatan 2017-2013, dan sampel yang digunakan sebanyak 120 responden.
Setelah itu dilakukan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat kategori
rata-rata yang dimiliki oleh tiap variabel berdasarkan pemusatan dan penyebaran
data, sehingga didapatkan hasil rata-rata kategori. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa beberapa variabel mendapatkan kategori rata-rata cukup baik terhadap
kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,
variabel efficiency mendapatkan nilai 2,87, variabel system availability
mendapatkan nilai 3,00, variabel fulfillment mendapatkan nilai 2,90, variabel
privacy mendapatkan nilai 3,12, dan variabel responsiveness mendapatkan nilai
2,71 yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel
efficiency, system availability, fulfillment, privacy dan responsiveness sudah cukup
baik. Sedangkan beberapa variabel lainnya mendapatkan kategori rata-rata tidak
baik terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik
Ibrahim Malang, variabel contact mendapatkan nilai 2,53, variabel compensation
mendapatkan nilai 2,54, dan variabel perceived value mendapatkan nilai 2,57,
yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel contact,
compensation dan perceived value masih kurang baik</description><date>2019-07-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/172023/1/Ghufrani%20Kusuma%20P_Skripsi%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Purnamasari, Ghufrani Kusuma (2019) Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/447/051905830</relation><recordID>172023</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Purnamasari, Ghufrani Kusuma |
title |
Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi
Akademik Uin Maulana Malik Ibrahim Malang
Menggunakan Kombinasi E-S-Qual Dan E-Recs-Qual |
publishDate |
2019 |
topic |
004.2 System analysis and design computer architecture performance evaluation |
url |
http://repository.ub.ac.id/172023/1/Ghufrani%20Kusuma%20P_Skripsi%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/172023/ |
contents |
Sistem Informasi Akademik secara khusus dikembangkan untuk memenuhi
kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang
terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas
sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya. Sistem Informasi Akademik
merupakan sistem informasi berbasis website yang dikembangkan oleh Bagian
Administrasi dan Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Namun
pelayanan yang diberikan masih belum maksimal, terbukti dengan masih
banyaknya mahasiswa yang mengalami masalah dalam menggunakan Sistem
Informasi Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas
layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam
variabel efficiency, system availability, fulfillment, privacy, contact,
responsiveness, compensation dan perceived value. Serta memberikan
rekomendasi kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk dapat
meningkatkan kualitas layanan Sistem Informasi Akademik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara offline kepada
responden, dengan populasi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
angkatan 2017-2013, dan sampel yang digunakan sebanyak 120 responden.
Setelah itu dilakukan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat kategori
rata-rata yang dimiliki oleh tiap variabel berdasarkan pemusatan dan penyebaran
data, sehingga didapatkan hasil rata-rata kategori. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa beberapa variabel mendapatkan kategori rata-rata cukup baik terhadap
kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,
variabel efficiency mendapatkan nilai 2,87, variabel system availability
mendapatkan nilai 3,00, variabel fulfillment mendapatkan nilai 2,90, variabel
privacy mendapatkan nilai 3,12, dan variabel responsiveness mendapatkan nilai
2,71 yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel
efficiency, system availability, fulfillment, privacy dan responsiveness sudah cukup
baik. Sedangkan beberapa variabel lainnya mendapatkan kategori rata-rata tidak
baik terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik UIN Maulana Malik
Ibrahim Malang, variabel contact mendapatkan nilai 2,53, variabel compensation
mendapatkan nilai 2,54, dan variabel perceived value mendapatkan nilai 2,57,
yang berarti mahasiswa menilai bahwa indikator yang ada pada variabel contact,
compensation dan perceived value masih kurang baik |
id |
IOS4666.172023 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:55:57Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:55:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454113443348480 |
score |
17.538404 |