Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Pada Penyelenggaraan Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Good Governance (Studi Tentang Peningkatan Fasilitas Sosial pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang)

Main Author: Yudha, Cindy Tamara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171980/1/Cindy%20Tamara%20Yudha.pdf
http://repository.ub.ac.id/171980/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Pada Penyelenggaraan Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Good Governance di Kota Malang. Kerjasama CSR dibuat oleh pemerintah Kota Malang dengan private sector untuk meningkatakn fasilitas sosial di Kota Malang yang merupakan tugas dari pemerintah Kota Malang dalam menyediakan fasilitas sosial untuk masayarakat. Untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanakan Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Pada Penyelenggaraan Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Good Governance di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teori administrasi publik, teori kemitraaan antara pemerintah dan swasta dan teori corporate social responsibility. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles,Huberman,& Saldana (2014) yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dari dua rumusan masalah yang ditetapkan, maka didapat hasil bahwa kerjasama antara pemerintah Kota Malang dengan swasta dalam penyediaaan fasilitas sosial meliputi empat tahap yaitu : Tahap planning, pemerintah dan Bank BRI bekerjasama dalam merumuskan arah dan tujuan dari kerjasama CSR. Bank BRI melakukan perencanaan sesuai aturan, melakukan masterplan desain sedangkan pemerintah Kota Malang memberikan masukan kepada Bank BRI. Tahap Pelaksanaan (Doing). Bank BRI memberikan dana sebesar 6 miliar rupiah unutk pembangunan alun-alun berdasarkan masterplan dan desain, pemerintah sebagai fasilitator dan katalisator. Tahapan checking meliputi pelaporan. Pelaporan oleh Bank BRI dalam CSR pembangunan alun-alun Kota Malang dilakukan kepada pihak internal Bank BRI dan eksternal yakni pemerintah Kota Malang. Evaluasi dilakukan oleh BRI dan pemerintah Kota Malang untuk menilai keberhasilan dan keberlanjutan kerjasama kedepan dan kendala selama dalam proses pembangunan renovasi alun-alun Kota Malang. Adapuan yang menjadi faktor pedukung Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta adalah kebijakan pemimpin yakni wali Kota Malang dengan mengajak swasta memberikan CSR dengan imbalan keringanan pajak sebesar 15%, faktor kedua yaitu komitmen bersama antara pihak Bank BRI dengan pemerintah sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum adanya Perda khusus yang mengatu tentang CSR di Kota Malang, belum adanya perda ini memberiakn keraguan kepada swasta yang ingin memberiakn CSR ke Kota Malang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : kerjasama antara pemerintah Kota Malang dengan swasta untuk meningkatkan penyediaan fasilitas sosial berjalan dengan baik denagn pembagian tugas masing-masing aktor dan didukung oleh komitmen bersama antar aktor sedangkan kendalanya yaitu belum adanya aturan atau perda yang mengatur teknis pemberian CSR di Kota Malang.