Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)

Main Author: Ahnaf, Muhammad Fauzan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171879/
ctrlnum 171879
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171879/</relation><title>Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)</title><creator>Ahnaf, Muhammad Fauzan</creator><subject>006.707 2 Web sites--research</subject><description>Salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Palembang Universitas Sriwijaya dimana di universitas tersebut telah memanfaatkan sistem informasi berbasis web untuk menunjang proses akademik mahasiswa. Aplikasi tersebut direalisasikan dalam media web yang kemudian lebih dikenal sebagai akademik Unsri. Namun terkadang kualitas layanan sebuah website perguruan tinggi belum mampu memenuhi harapan dari penggunanya, sehingga guna menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas layanan, sebuah website tentu haruslah mendapatkan perhatian secara khusus. Maka kualitas perguruan tinggi dari sisi penilaian website menjadi lebih baik. Maka dari itu peningkatan kualitas dalam layanan berbasis website merupakan suatu upaya yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kualitas layanan situs akademik Unsri dari presepsi pengguna menggunakan Webqual 4.0, mengetahui pengaruh variabel Usability, Information Quality, Service Interaction Quality dan mengetahui pengelompokan kuadran Importance Performance Analysis (IPA) pada tiap indikator webqual. Penilitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Hasil analisis kuadran IPA menunjukkan bahwa terdapat lima atribut yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan yaitu, tampilan yang atraktif, adanya tambahan pengetahuan dari informasi website, menyediakan informasi yang up to date, menyediakan informasi yang cukup detail, dan pengguna merasa aman terhadap informasi pribadinya. Selanjutnya terdapat lima atribut yang masuk kedalam prioritas rendah dalam perbaikan, yaitu kemudahan untuk navigasi, tepat dalam penyusunan tata letak informasi, pengguna merasa aman untuk melakukan transaksi, website memberi ruang untuk personalisasi, dan website memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan organisasi. Atribut yang lain tidak memiliki prioritas perbaikan karena tergolong dalam kuadran yang memiliki nilai kinerja pelayanan cukup untuk dipertahankan atau bahkan memiliki nilai yang berlebihan.</description><date>2019-06-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Ahnaf, Muhammad Fauzan (2019) Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/378/051905696</relation><recordID>171879</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Ahnaf, Muhammad Fauzan
title Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)
publishDate 2019
topic 006.707 2 Web sites--research
url http://repository.ub.ac.id/171879/
contents Salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Palembang Universitas Sriwijaya dimana di universitas tersebut telah memanfaatkan sistem informasi berbasis web untuk menunjang proses akademik mahasiswa. Aplikasi tersebut direalisasikan dalam media web yang kemudian lebih dikenal sebagai akademik Unsri. Namun terkadang kualitas layanan sebuah website perguruan tinggi belum mampu memenuhi harapan dari penggunanya, sehingga guna menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas layanan, sebuah website tentu haruslah mendapatkan perhatian secara khusus. Maka kualitas perguruan tinggi dari sisi penilaian website menjadi lebih baik. Maka dari itu peningkatan kualitas dalam layanan berbasis website merupakan suatu upaya yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kualitas layanan situs akademik Unsri dari presepsi pengguna menggunakan Webqual 4.0, mengetahui pengaruh variabel Usability, Information Quality, Service Interaction Quality dan mengetahui pengelompokan kuadran Importance Performance Analysis (IPA) pada tiap indikator webqual. Penilitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Hasil analisis kuadran IPA menunjukkan bahwa terdapat lima atribut yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan yaitu, tampilan yang atraktif, adanya tambahan pengetahuan dari informasi website, menyediakan informasi yang up to date, menyediakan informasi yang cukup detail, dan pengguna merasa aman terhadap informasi pribadinya. Selanjutnya terdapat lima atribut yang masuk kedalam prioritas rendah dalam perbaikan, yaitu kemudahan untuk navigasi, tepat dalam penyusunan tata letak informasi, pengguna merasa aman untuk melakukan transaksi, website memberi ruang untuk personalisasi, dan website memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan organisasi. Atribut yang lain tidak memiliki prioritas perbaikan karena tergolong dalam kuadran yang memiliki nilai kinerja pelayanan cukup untuk dipertahankan atau bahkan memiliki nilai yang berlebihan.
id IOS4666.171879
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:55:47Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:47Z
recordtype dc
_version_ 1751454115036135424
score 17.538404