Evaluasi Layanan Penyampaian Keluhan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi Pada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Menggunakan Framework Cobit 5
Main Author: | Ilhamdi, Fajri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/171614/1/SKRIPSI%20-%20FAJRI%20ILHAMDI%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/171614/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah mengimplementasikan layanan berbasis website bernama Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M). Tetapi, pada proses pengimplementasian terdapat masalah yaitu requirements/kebutuhan user yang kurang tepat. Sehingga layanan tersebut kurang diminati oleh masyarakat sebagai user. Pada kenyataannya, masyarakat lebih memilih melakukan pengaduan melalui media sosial Pemerintah Kabupaten Sidoarjo seperti Facebook. Oleh karena itu dilakukanlah evaluasi menggunakan Framework Control Objectives for Information and Related Technologies (COBIT) 5. Proses yang dipilih yaitu Manage Requirements Definition (BAI02) dan Manage Solutions Identification and Build (BAI03). Proses ini dipilih karena keduanya memiliki kegiatan-kegiatan yang mendukung dalam tata kelola terkait requirements. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara dan studi dokumen. Pada lembar kuesioner berisikan pertanyaan-pertanyaan terkait tata kelola requirements pada layanan P3M. Sedangkan wawancara bertujuan untuk menanyakan targeted level dari layanan P3M. Setelah dilakukan pengolahan data, didapatkan capabilty level pada proses BAI02 dan BAI03 yaitu level 0 (incomplete process). Kemudian targeted level dari kedua proses tersebut adalah level 2 (managed process), oleh karena itu terdapat gap yaitu sebesar 2 (dua). Kemudian peneliti menyusun rekomendasi berupa dokumen yang akan melengkapi setiap kegiatan pada proses BAI02 dan BAI03. Setiap rekomendasi akan dijelaskan secara jelas guna mencapai capability level 2 (managed process)