Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

Main Author: Putra, Kadek Saka Andrika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171595/
Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana (Simasprana) merupakan aplikasi berbasis Android untuk melakukan pelaporan terkait sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan di sekitar lingkungan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB). Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi pemindaian kode QR dan dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Filkom UB. Pada pengembangan sebelumnya, belum disertakan keterlibatan pengguna khususnya dalam pengembangan antarmuka pengguna aplikasi. Perlu disertakan partisipasi dari pengguna langung dalam pengembangan antarmuka pengguna dengan harapan mendapatkan timbal balik terkait dengan pengalaman pengguna menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persyaratan pengguna dan merancang solusi perbaikan dari segi antarmuka pengguna berdasarkan persyaratan yang didapatkan. Selain itu dilakukan juga perbandingan tingkat usability pada desain awal dan juga desain perbaikan. Dalam proses perbaikan antarmuka pengguna, digunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dan untuk mendapatkan tingkat usability dilakukan pengujian usability dengan mengukur tiga aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Pengujian dilakukan kepada enam partisipan pada tiga kelompok pengguna. Pada pengujian usability, partisipan diminta untuk menjalankan skenario tugas dan mengisi kuesioner Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) untuk mengukur tingkat kepuasan. Rekomendasi perbaikan dibuat dalam bentuk prototipe yang bersifat interaktif. Hasil pengujian pada desain perbaikan menunjukkan peningkatan pada tingkat usability. Pada aspek efektivitas, terjadi peningkatan tingkat kesuksesan sebesar 19.1%. Pada aspek efisiensi, diperoleh peningkatan nilai time-based efficiency (TBE) sebesar 0.054 goals/sec dan 50.6% pada overall relative efficiency (ORE). Pada aspek kepuasan, terjadi peningkatan sebesar 41.2%.