Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

Main Author: Putra, Kadek Saka Andrika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171595/
ctrlnum 171595
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171595/</relation><title>Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)</title><creator>Putra, Kadek Saka Andrika</creator><subject>004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation</subject><description>Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana (Simasprana) merupakan aplikasi berbasis Android untuk melakukan pelaporan terkait sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan di sekitar lingkungan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB). Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi pemindaian kode QR dan dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Filkom UB.&#xD; Pada pengembangan sebelumnya, belum disertakan keterlibatan pengguna khususnya dalam pengembangan antarmuka pengguna aplikasi. Perlu disertakan partisipasi dari pengguna langung dalam pengembangan antarmuka pengguna dengan harapan mendapatkan timbal balik terkait dengan pengalaman pengguna menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persyaratan pengguna dan merancang solusi perbaikan dari segi antarmuka pengguna berdasarkan persyaratan yang didapatkan. Selain itu dilakukan juga perbandingan tingkat usability pada desain awal dan juga desain perbaikan. Dalam proses perbaikan antarmuka pengguna, digunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dan untuk mendapatkan tingkat usability dilakukan pengujian usability dengan mengukur tiga aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Pengujian dilakukan kepada enam partisipan pada tiga kelompok pengguna. Pada pengujian usability, partisipan diminta untuk menjalankan skenario tugas dan mengisi kuesioner Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) untuk mengukur tingkat kepuasan. Rekomendasi perbaikan dibuat dalam bentuk prototipe yang bersifat interaktif. Hasil pengujian pada desain perbaikan menunjukkan peningkatan pada tingkat usability. Pada aspek efektivitas, terjadi peningkatan tingkat kesuksesan sebesar 19.1%. Pada aspek efisiensi, diperoleh peningkatan nilai time-based efficiency (TBE) sebesar 0.054 goals/sec dan 50.6% pada overall relative efficiency (ORE). Pada aspek kepuasan, terjadi peningkatan sebesar 41.2%.</description><date>2019-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Putra, Kadek Saka Andrika (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/375/051905693</relation><recordID>171595</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Putra, Kadek Saka Andrika
title Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
publishDate 2019
topic 004.2 System analysis and design
computer architecture
performance evaluation
url http://repository.ub.ac.id/171595/
contents Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana (Simasprana) merupakan aplikasi berbasis Android untuk melakukan pelaporan terkait sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan di sekitar lingkungan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB). Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi pemindaian kode QR dan dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Filkom UB. Pada pengembangan sebelumnya, belum disertakan keterlibatan pengguna khususnya dalam pengembangan antarmuka pengguna aplikasi. Perlu disertakan partisipasi dari pengguna langung dalam pengembangan antarmuka pengguna dengan harapan mendapatkan timbal balik terkait dengan pengalaman pengguna menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan persyaratan pengguna dan merancang solusi perbaikan dari segi antarmuka pengguna berdasarkan persyaratan yang didapatkan. Selain itu dilakukan juga perbandingan tingkat usability pada desain awal dan juga desain perbaikan. Dalam proses perbaikan antarmuka pengguna, digunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dan untuk mendapatkan tingkat usability dilakukan pengujian usability dengan mengukur tiga aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Pengujian dilakukan kepada enam partisipan pada tiga kelompok pengguna. Pada pengujian usability, partisipan diminta untuk menjalankan skenario tugas dan mengisi kuesioner Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) untuk mengukur tingkat kepuasan. Rekomendasi perbaikan dibuat dalam bentuk prototipe yang bersifat interaktif. Hasil pengujian pada desain perbaikan menunjukkan peningkatan pada tingkat usability. Pada aspek efektivitas, terjadi peningkatan tingkat kesuksesan sebesar 19.1%. Pada aspek efisiensi, diperoleh peningkatan nilai time-based efficiency (TBE) sebesar 0.054 goals/sec dan 50.6% pada overall relative efficiency (ORE). Pada aspek kepuasan, terjadi peningkatan sebesar 41.2%.
id IOS4666.171595
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:55:32Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:32Z
recordtype dc
_version_ 1751454117728878592
score 17.538404