Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Shopee Melalui Brand Awareness

Main Author: Nugraha, Adhika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171551/1/Adhika%20Nugraha.pdf
http://repository.ub.ac.id/171551/
Daftar Isi:
  • Setiap perusahaan selalu ingin berusaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara mempertahankan dan mencari konsumen yang baru. Merencanakan dan mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran adalah hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Beberapa diantara elemen komunikasi pemasaran adalah periklanan dan promosi penjualan. Kedua hal tersebut telah dilakukan oleh Shopee sebagai salah satu brand E-Commerce di Indonesia yang bertujuan untuk meraih konsumen agar melakukan transaksi pembelian melalui Shopee.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising dan sales promotion terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan paradigma positivistik. Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan sampel dengan jumlah 116 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data dilakukan secara online melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan brand awareness sebagai variabel perantara mempunyai peran yang kuat dalam mempengaruhi hubungan antara advertising terhadap keputusan pembelian dan mempengaruhi hubungan antara sales promotion terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan perhitungan pengaruh langsung (direct effect) dan perhitungan pengaruh tidak langsung (indirect effect), variabel brand awareness memiliki peran yang lebih kuat sebagai variabel perantara yang menghubungkan pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian, dibandingkan pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian.