Evaluasi Usability Pada game Dota 2 Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Main Author: Rosyidi, Fathoni Alim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171453/
ctrlnum 171453
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/171453/</relation><title>Evaluasi Usability Pada game Dota 2 Menggunakan Metode Heuristic Evaluation</title><creator>Rosyidi, Fathoni Alim</creator><subject>005.302 87 Testing and measurement</subject><description>Dota 2 merupakan game Free-To-Play (F2P) dengan jenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), game ini merupakan versi dari world of warcraft 3 yang dikembangkan oleh Valve Corporation pada tahun 2011. Pada platform steam game dota 2 memiliki rating view yang sangat bagus, yaitu mostly positive, dan sempat menjadi game terpopuler pada tahun 2016 dengan dimainkan oleh 1,2 pengguna yang online secara bersamaan (statista, 2018). Tetapi berdasarkan www.statista.com game dota 2 telah mengalami penurunan pemain dan sekarang terdapat 700 ribu pemain aktif yang memainkan game dota 2 tersebut (statista, 2018).&#xD; Usability merupakan atribut kualitas untuk mengukur seberapa mudah pengguna bisa menggunakan suatu antarmuka aplikasi dengan tepat (Nielsen 2012). Ada metode yang dapat digunakan dalam melakukan analisis terkait usability. Saalah satu metode yang dapat digunakan dalam melakukan evaluasi usability adalah Heuristic Evaluation. Heuristic Evaluation merupakan metode evaluasi interface yang mengukur tingkat penggunaan suatu sistem guna menemukan masalah fungsionalitas dalam desain antarmuka pada sistem yang dibuat.&#xD; Sehingga dengan diketahuinya permasalahan dalam permainan secara spesifik, perusahaan permainan dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dalam permainan tersebut. Evaluasi heuristic yang digunakan adalah metode usability heuristic yang meliputi 9 aspek. 9 aspek tersebuk yaitu : (1) visibility of system status, (2) offer real world object, (3) user control and freedom, (4) consistency and standarts, (5) error prevention, recognition rather than recall, (6) flexibility and efficiency of use, (7) aesthetic and minimalist design, (8) help user recognize, (9) diagnose and recover from error.&#xD; Evaluasi menggunakan metode heuristic menghasilkan temuan masalah sebanyak 22 permasalahan tersebut terdiri dari 2 masalah cosmetic, 5 masalah minor, 13 masalah medium, dan 2 masalah major. prinsip heuristic yang paling banyak ditemukan permasalahan yaitu prinsip MA08 (Aesthectic and Minimalist Design) dengan presentase temuan sebanyak 22,72 % dengan nilai severity rating sebesar 3, yang berarti permasalahan tersebut berada pada tingkat medium.</description><date>2019-07-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Rosyidi, Fathoni Alim (2019) Evaluasi Usability Pada game Dota 2 Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/277/051905595</relation><recordID>171453</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Rosyidi, Fathoni Alim
title Evaluasi Usability Pada game Dota 2 Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
publishDate 2019
topic 005.302 87 Testing and measurement
url http://repository.ub.ac.id/171453/
contents Dota 2 merupakan game Free-To-Play (F2P) dengan jenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), game ini merupakan versi dari world of warcraft 3 yang dikembangkan oleh Valve Corporation pada tahun 2011. Pada platform steam game dota 2 memiliki rating view yang sangat bagus, yaitu mostly positive, dan sempat menjadi game terpopuler pada tahun 2016 dengan dimainkan oleh 1,2 pengguna yang online secara bersamaan (statista, 2018). Tetapi berdasarkan www.statista.com game dota 2 telah mengalami penurunan pemain dan sekarang terdapat 700 ribu pemain aktif yang memainkan game dota 2 tersebut (statista, 2018). Usability merupakan atribut kualitas untuk mengukur seberapa mudah pengguna bisa menggunakan suatu antarmuka aplikasi dengan tepat (Nielsen 2012). Ada metode yang dapat digunakan dalam melakukan analisis terkait usability. Saalah satu metode yang dapat digunakan dalam melakukan evaluasi usability adalah Heuristic Evaluation. Heuristic Evaluation merupakan metode evaluasi interface yang mengukur tingkat penggunaan suatu sistem guna menemukan masalah fungsionalitas dalam desain antarmuka pada sistem yang dibuat. Sehingga dengan diketahuinya permasalahan dalam permainan secara spesifik, perusahaan permainan dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dalam permainan tersebut. Evaluasi heuristic yang digunakan adalah metode usability heuristic yang meliputi 9 aspek. 9 aspek tersebuk yaitu : (1) visibility of system status, (2) offer real world object, (3) user control and freedom, (4) consistency and standarts, (5) error prevention, recognition rather than recall, (6) flexibility and efficiency of use, (7) aesthetic and minimalist design, (8) help user recognize, (9) diagnose and recover from error. Evaluasi menggunakan metode heuristic menghasilkan temuan masalah sebanyak 22 permasalahan tersebut terdiri dari 2 masalah cosmetic, 5 masalah minor, 13 masalah medium, dan 2 masalah major. prinsip heuristic yang paling banyak ditemukan permasalahan yaitu prinsip MA08 (Aesthectic and Minimalist Design) dengan presentase temuan sebanyak 22,72 % dengan nilai severity rating sebesar 3, yang berarti permasalahan tersebut berada pada tingkat medium.
id IOS4666.171453
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:55:27Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:27Z
recordtype dc
_version_ 1751454118532087808
score 17.538404