Pengaruh Citra Institusi dan Kualitas Layanan terhadap Retensi Melalui Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Universitas Ma Chung di Kota Malang)

Main Author: Dwi K, Natalia Erlika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171025/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara empiris peran kepuasan mahasiswa dalam memediasi pengaruh citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi mahasiswa pada Universitas Ma Chung di Kota Malang. Pengembangan model penelitian dilakukan dengan menguji dan menganalisis ulang, baik pengaruh langsung antara citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi mahasiswa, maupun pengaruh tidak langsungnya melalui kepuasan mahasiswa. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (baik Program Studi Manajemen maupun Akuntansi) yang telah menempuh proses pendidikan tinggi untuk angkatan tahun 2013 - 2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Berdasarkan perhitungan sample size diperoleh total sampel sebanyak 199 responden, dengan alokasi 140 responden untuk mahasiswa jurusan manajemen dan 59 responden untuk akuntansi. Model analisis yang digunakan adalah model struktural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), sedangkan perhitungan analisisnya menggunakan aplikasi software SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa baik citra institusi maupun kualitas layanan tidak mempunyai efek penting dalam meningkatkan retensi mahasiswa. Sementara hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat memberikan peran mediasi sempurna pada efek citra institusi dan kualitas layanan terhadap retensi mahasiswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan kembali ukuran – ukuran dalam konsep yang diamati serta pergeseran paradigma dari ekonomi industri ke ekonomi berorientasi layanan.