Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Penyakit Kronis Sebelum Dan Sesudah Pemberlakuan Bpjs Di Pelayanan Rawat Jalan Rs Syuhada’ Haji Blitar

Main Author: Nursanti, Fajar Juli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/171023/
Daftar Isi:
  • Pemerintah menargetkan “Universal Coverage” pada tahun 2019 untuk kepesertaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Seluruh penduduk di Indonesia harus memiliki Jaminan Pemeliharaan Kesehatan pada tahun 2019. Keadaan tersebut menjadi tantangan dan peluang bagi rumah sakit untuk mengambil bagian dalam pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam kondisi persaingan yang demikian, pelayanan akan sangat mempengaruhi loyalitas pasien karena pasien leluasa memilih tempat pelayanannya. Persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan rumah sakit di masa sesudah penerapan BPJS dinilai oleh banyak pengamat masih belum memberikan tingkat kepuasan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan persepsi terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien penyakit kronis sebelum dan sesudah pemberlakuan BPJS di pelayanan rawat jalan RS Syuhada’ Haji Blitar. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan di Poli Rawat Jalan RS Syuhada’ Haji Kota Blitar Provinsi Jawa Timur dengan menyebar kuesioner, dilakukan pada April – Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan BPJS dengan penyakit kronis. Sampel yang digunakan adalah pasien yang datang ke unit rawat jalan sejumlah 66 pasien dengan kriteria inklusi adalah pasien rawat jalan dengan penyakit kronis, pernah periksa minimal 2 kali sebelum dan sesudah pemberlakuan BPJS. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan secara bermakna persepsi terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien penyakit kronis sesudah pemberlakuan BPJS di pelayanan rawat jalan RS Syuhada’ Haji Blitar. Dapat disimpulkan bahwa pemberlakuan BPJS dapat meningkatkan persepsi terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien penyakit kronis di pelayanan rawat jalan RS Syuhada’ Haji Blitar.