Brand Attitude sebagai mediator antara Sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan Minat Beli (Studi pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature Republic)

Main Author: Aprilia, Karina Hajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170129/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jaeil, WoongHee, DongTae, dan Paramita (2013) didapatkan bahwa terdapat perbedaan sikap yang ditunjukkan oleh responden perempuan Korea dan Indonesia terhadap celebrity kkotminam. Responden perempuan Indonesia cenderung tidak menyukai tipe laki-laki kkotminam.Nature Republic merupakan merek kosmetik asal Korea yang menggunakan celebrity endorserkkotminam. Hal ini menarik karena ketika sebuah merek yang bukan berasal dari Indonesia dan menggunakan celebrity endorserkkotminamnamun dipasarkan di Indonesia sementara, Indonesia dengan Korea memiliki nilai budaya peran gender (sex role) yang berbeda dalam menilai sosok laki-laki. Adapun sikap seseorang akan dipengaruhi budaya orang tersebut.Berdasarkan penelitian Wang, Kao, dan Ngamsiriudom (2015) apabila sikap konsumen terhadap celebrity endorser yang terbentuk adalah positif, maka akan mempengaruhi sikap merek yang didukung oleh selebriti tersebut dan sikap merek yang positif akan meningkatkan minat beli.Dalam hal ini brand attitude menjadi mediasi dalam hubungan kausal sikap terhadap celebrity endorser dan minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh tidak langsung sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan minat beli melalui brand attitude (Studi Pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature Republic).Penelitian ini menggunakan tiga variabel: sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser (X),brand attitude (Z), dan minat beli (Y).Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh tidak langsung sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan minat beli melalui brand attitude dan ditemukan adanya kecenderungan perbedaan jawaban pada responden laki-laki dan perempuan dalam variabel sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser (X) pada indikator preference.