Brand Attitude sebagai mediator antara Sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan Minat Beli (Studi pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature Republic)
Main Author: | Aprilia, Karina Hajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170129/ |
ctrlnum |
170129 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/170129/</relation><title>Brand Attitude
sebagai mediator antara Sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity
endorser dan Minat Beli (Studi pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature
Republic)</title><creator>Aprilia, Karina Hajar</creator><subject>303.38 Public opinion</subject><description>Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jaeil, WoongHee, DongTae,
dan Paramita (2013) didapatkan bahwa terdapat perbedaan sikap yang ditunjukkan
oleh responden perempuan Korea dan Indonesia terhadap celebrity kkotminam.
Responden perempuan Indonesia cenderung tidak menyukai tipe laki-laki
kkotminam.Nature Republic merupakan merek kosmetik asal Korea yang
menggunakan celebrity endorserkkotminam. Hal ini menarik karena ketika sebuah
merek yang bukan berasal dari Indonesia dan menggunakan celebrity
endorserkkotminamnamun dipasarkan di Indonesia sementara, Indonesia dengan
Korea memiliki nilai budaya peran gender (sex role) yang berbeda dalam menilai
sosok laki-laki. Adapun sikap seseorang akan dipengaruhi budaya orang
tersebut.Berdasarkan penelitian Wang, Kao, dan Ngamsiriudom (2015) apabila
sikap konsumen terhadap celebrity endorser yang terbentuk adalah positif, maka
akan mempengaruhi sikap merek yang didukung oleh selebriti tersebut dan sikap
merek yang positif akan meningkatkan minat beli.Dalam hal ini brand attitude
menjadi mediasi dalam hubungan kausal sikap terhadap celebrity endorser dan
minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh tidak
langsung sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan minat beli
melalui brand attitude (Studi Pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature
Republic).Penelitian ini menggunakan tiga variabel: sikap terhadap kkotminam
sebagai celebrity endorser (X),brand attitude (Z), dan minat beli (Y).Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan
kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh tidak langsung sikap terhadap kkotminam
sebagai celebrity endorser dan minat beli melalui brand attitude dan ditemukan
adanya kecenderungan perbedaan jawaban pada responden laki-laki dan
perempuan dalam variabel sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser
(X) pada indikator preference.</description><date>2019-05-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Aprilia, Karina Hajar (2019) Brand Attitude sebagai mediator antara Sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan Minat Beli (Studi pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature Republic). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FISIP/2019/398/051903397</relation><recordID>170129</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Aprilia, Karina Hajar |
title |
Brand Attitude
sebagai mediator antara Sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity
endorser dan Minat Beli (Studi pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature
Republic) |
publishDate |
2019 |
topic |
303.38 Public opinion |
url |
http://repository.ub.ac.id/170129/ |
contents |
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jaeil, WoongHee, DongTae,
dan Paramita (2013) didapatkan bahwa terdapat perbedaan sikap yang ditunjukkan
oleh responden perempuan Korea dan Indonesia terhadap celebrity kkotminam.
Responden perempuan Indonesia cenderung tidak menyukai tipe laki-laki
kkotminam.Nature Republic merupakan merek kosmetik asal Korea yang
menggunakan celebrity endorserkkotminam. Hal ini menarik karena ketika sebuah
merek yang bukan berasal dari Indonesia dan menggunakan celebrity
endorserkkotminamnamun dipasarkan di Indonesia sementara, Indonesia dengan
Korea memiliki nilai budaya peran gender (sex role) yang berbeda dalam menilai
sosok laki-laki. Adapun sikap seseorang akan dipengaruhi budaya orang
tersebut.Berdasarkan penelitian Wang, Kao, dan Ngamsiriudom (2015) apabila
sikap konsumen terhadap celebrity endorser yang terbentuk adalah positif, maka
akan mempengaruhi sikap merek yang didukung oleh selebriti tersebut dan sikap
merek yang positif akan meningkatkan minat beli.Dalam hal ini brand attitude
menjadi mediasi dalam hubungan kausal sikap terhadap celebrity endorser dan
minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh tidak
langsung sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser dan minat beli
melalui brand attitude (Studi Pada EXO sebagai Celebrity Endorser Nature
Republic).Penelitian ini menggunakan tiga variabel: sikap terhadap kkotminam
sebagai celebrity endorser (X),brand attitude (Z), dan minat beli (Y).Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan
kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh tidak langsung sikap terhadap kkotminam
sebagai celebrity endorser dan minat beli melalui brand attitude dan ditemukan
adanya kecenderungan perbedaan jawaban pada responden laki-laki dan
perempuan dalam variabel sikap terhadap kkotminam sebagai celebrity endorser
(X) pada indikator preference. |
id |
IOS4666.170129 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:54:20Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:54:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454131656065024 |
score |
17.538404 |