Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur
Main Author: | Wiragasari, Agela Regita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169677/1/Agela%20Regita%20Wiragasari.pdf http://repository.ub.ac.id/169677/ |
Daftar Isi:
- Ekowisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo merupakan salah satu ekowisata mangrove yang dimiliki Kota Probolinggo, Jawa Timur. Bee Jay Balau Resort (BJBR) menggunakan 3 jenis media sosial dalam melakukan promosi wisata yaitu instagram, facebook, dan youtube. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke wisata BJBR dan menganalisis pengaruh efektivitas penggunaan media sosial sebagai promosi wisata terhadap keputusan berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri dengan kriteria menggunakan media sosia instagram, facebook, ataupun youtube. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan teori Ferdinand dalam penentuan jumlah sampel yaitu indikator dikalikan 5 sehingga didapatkan sampel sebanyak 125 responden. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden. Kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh efektivitas penggunaan media sosial terhadap keputusan berkunjung wisata. Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik wisatawan BJBR meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, daerah asal, media sosial yang digunakan, motivasi/tujuan berkunjung, lama kunjungan, rekan berkunjung, dan biaya perjalanan. Berdasarkan hasil analisis PLS didapatkan persamaan structural Y3 = 0,088 X1 - 0,01 X2 + 0,132 X3 + 0,151 Y1 + 0,695 Y2 dengan persamaan Y1 = 0,197 X1 + 0,397 X2 + 0,371 X3 dan Y2 = 0,320 X1 - 0,118 X2 + 0,112 X3. Berdasarkan hasil bootstrap menunjukkan bahwa variabel efektifitas media sosial berpengaruh signifikan terhadap informasi kelompok referensi. Kemudian variabel efektifitas media sosial yang berpengaruh signifikan terhadap aksesibilitas menuju wisata hanya variabel efektivitas instagram. Variabel informasi kelompok referensi dan aksesibilitas menuju wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Efektivitas instagram dan youtube berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian secara mediasi yang berpengaruh signifikan hanya variabel efektivitas instagram terhadap keputusan berkunjung melalui aksesibilitas menuju wisata, efektivitas instagram terhadap keputusan berkunjung melalui informasi kelompok referensi, dan efektivitas facebook terhadap keputusan berkunjung melalui informasi kelompok referensi. Berdasarkan hasil tersebut sebaiknya pengelola BJBR perlu mempertahankan dan meningkatkan promosi serta penyampaian informasi melalui media sosial instagram dengan memperhatikan keadaan aksesibilitas menuju BJBR agar BJBR dapat dijangkau oleh wisatawan yang berada di luar daerah kota Probolinggo.