Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur

Main Author: Wiragasari, Agela Regita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169677/1/Agela%20Regita%20Wiragasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/169677/
ctrlnum 169677
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169677/</relation><title>Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai&#xD; Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi&#xD; Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay&#xD; Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur</title><creator>Wiragasari, Agela Regita</creator><subject>338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)</subject><description>Ekowisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo merupakan salah&#xD; satu ekowisata mangrove yang dimiliki Kota Probolinggo, Jawa Timur. Bee Jay&#xD; Balau Resort (BJBR) menggunakan 3 jenis media sosial dalam melakukan&#xD; promosi wisata yaitu instagram, facebook, dan youtube.&#xD; Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui&#xD; karakteristik wisatawan yang berkunjung ke wisata BJBR dan menganalisis&#xD; pengaruh efektivitas penggunaan media sosial sebagai promosi wisata terhadap&#xD; keputusan berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian&#xD; eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri dengan&#xD; kriteria menggunakan media sosia instagram, facebook, ataupun youtube. Teknik&#xD; pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan&#xD; menggunakan teori Ferdinand dalam penentuan jumlah sampel yaitu indikator&#xD; dikalikan 5 sehingga didapatkan sampel sebanyak 125 responden. Data primer&#xD; pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden.&#xD; Kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur&#xD; yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner.&#xD; Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif&#xD; berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif&#xD; kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh efektivitas&#xD; penggunaan media sosial terhadap keputusan berkunjung wisata.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik wisatawan BJBR meliputi&#xD; jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan,&#xD; daerah asal, media sosial yang digunakan, motivasi/tujuan berkunjung, lama&#xD; kunjungan, rekan berkunjung, dan biaya perjalanan. Berdasarkan hasil analisis&#xD; PLS didapatkan persamaan structural Y3 = 0,088 X1 - 0,01 X2 + 0,132 X3 + 0,151&#xD; Y1 + 0,695 Y2 dengan persamaan Y1 = 0,197 X1 + 0,397 X2 + 0,371 X3 dan Y2 =&#xD; 0,320 X1 - 0,118 X2 + 0,112 X3. Berdasarkan hasil bootstrap menunjukkan bahwa&#xD; variabel efektifitas media sosial berpengaruh signifikan terhadap informasi&#xD; kelompok referensi. Kemudian variabel efektifitas media sosial yang berpengaruh&#xD; signifikan terhadap aksesibilitas menuju wisata hanya variabel efektivitas&#xD; instagram. Variabel informasi kelompok referensi dan aksesibilitas menuju wisata&#xD; berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Efektivitas instagram dan&#xD; youtube berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian&#xD; secara mediasi yang berpengaruh signifikan hanya variabel efektivitas instagram&#xD; terhadap keputusan berkunjung melalui aksesibilitas menuju wisata, efektivitas&#xD; instagram terhadap keputusan berkunjung melalui informasi kelompok referensi,&#xD; dan efektivitas facebook terhadap keputusan berkunjung melalui informasi&#xD; kelompok referensi. Berdasarkan hasil tersebut sebaiknya pengelola BJBR perlu&#xD; mempertahankan dan meningkatkan promosi serta penyampaian informasi&#xD; melalui media sosial instagram dengan memperhatikan keadaan aksesibilitas&#xD; menuju BJBR agar BJBR dapat dijangkau oleh wisatawan yang berada di luar&#xD; daerah kota Probolinggo.</description><date>2019-06-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169677/1/Agela%20Regita%20Wiragasari.pdf</identifier><identifier> Wiragasari, Agela Regita (2019) Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPIK/2019/35/051903074</relation><recordID>169677</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wiragasari, Agela Regita
title Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur
publishDate 2019
topic 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
url http://repository.ub.ac.id/169677/1/Agela%20Regita%20Wiragasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/169677/
contents Ekowisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo merupakan salah satu ekowisata mangrove yang dimiliki Kota Probolinggo, Jawa Timur. Bee Jay Balau Resort (BJBR) menggunakan 3 jenis media sosial dalam melakukan promosi wisata yaitu instagram, facebook, dan youtube. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke wisata BJBR dan menganalisis pengaruh efektivitas penggunaan media sosial sebagai promosi wisata terhadap keputusan berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri dengan kriteria menggunakan media sosia instagram, facebook, ataupun youtube. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan teori Ferdinand dalam penentuan jumlah sampel yaitu indikator dikalikan 5 sehingga didapatkan sampel sebanyak 125 responden. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden. Kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh efektivitas penggunaan media sosial terhadap keputusan berkunjung wisata. Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik wisatawan BJBR meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, daerah asal, media sosial yang digunakan, motivasi/tujuan berkunjung, lama kunjungan, rekan berkunjung, dan biaya perjalanan. Berdasarkan hasil analisis PLS didapatkan persamaan structural Y3 = 0,088 X1 - 0,01 X2 + 0,132 X3 + 0,151 Y1 + 0,695 Y2 dengan persamaan Y1 = 0,197 X1 + 0,397 X2 + 0,371 X3 dan Y2 = 0,320 X1 - 0,118 X2 + 0,112 X3. Berdasarkan hasil bootstrap menunjukkan bahwa variabel efektifitas media sosial berpengaruh signifikan terhadap informasi kelompok referensi. Kemudian variabel efektifitas media sosial yang berpengaruh signifikan terhadap aksesibilitas menuju wisata hanya variabel efektivitas instagram. Variabel informasi kelompok referensi dan aksesibilitas menuju wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Efektivitas instagram dan youtube berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian secara mediasi yang berpengaruh signifikan hanya variabel efektivitas instagram terhadap keputusan berkunjung melalui aksesibilitas menuju wisata, efektivitas instagram terhadap keputusan berkunjung melalui informasi kelompok referensi, dan efektivitas facebook terhadap keputusan berkunjung melalui informasi kelompok referensi. Berdasarkan hasil tersebut sebaiknya pengelola BJBR perlu mempertahankan dan meningkatkan promosi serta penyampaian informasi melalui media sosial instagram dengan memperhatikan keadaan aksesibilitas menuju BJBR agar BJBR dapat dijangkau oleh wisatawan yang berada di luar daerah kota Probolinggo.
id IOS4666.169677
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:53:59Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:59Z
recordtype dc
_version_ 1751454134292185088
score 17.538404