Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur
Main Author: | Wiragasari, Agela Regita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169677/1/Agela%20Regita%20Wiragasari.pdf http://repository.ub.ac.id/169677/ |
ctrlnum |
169677 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169677/</relation><title>Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai
Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi
Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay
Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur</title><creator>Wiragasari, Agela Regita</creator><subject>338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)</subject><description>Ekowisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo merupakan salah
satu ekowisata mangrove yang dimiliki Kota Probolinggo, Jawa Timur. Bee Jay
Balau Resort (BJBR) menggunakan 3 jenis media sosial dalam melakukan
promosi wisata yaitu instagram, facebook, dan youtube.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
karakteristik wisatawan yang berkunjung ke wisata BJBR dan menganalisis
pengaruh efektivitas penggunaan media sosial sebagai promosi wisata terhadap
keputusan berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri dengan
kriteria menggunakan media sosia instagram, facebook, ataupun youtube. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan
menggunakan teori Ferdinand dalam penentuan jumlah sampel yaitu indikator
dikalikan 5 sehingga didapatkan sampel sebanyak 125 responden. Data primer
pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden.
Kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur
yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif
berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif
kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh efektivitas
penggunaan media sosial terhadap keputusan berkunjung wisata.
Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik wisatawan BJBR meliputi
jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan,
daerah asal, media sosial yang digunakan, motivasi/tujuan berkunjung, lama
kunjungan, rekan berkunjung, dan biaya perjalanan. Berdasarkan hasil analisis
PLS didapatkan persamaan structural Y3 = 0,088 X1 - 0,01 X2 + 0,132 X3 + 0,151
Y1 + 0,695 Y2 dengan persamaan Y1 = 0,197 X1 + 0,397 X2 + 0,371 X3 dan Y2 =
0,320 X1 - 0,118 X2 + 0,112 X3. Berdasarkan hasil bootstrap menunjukkan bahwa
variabel efektifitas media sosial berpengaruh signifikan terhadap informasi
kelompok referensi. Kemudian variabel efektifitas media sosial yang berpengaruh
signifikan terhadap aksesibilitas menuju wisata hanya variabel efektivitas
instagram. Variabel informasi kelompok referensi dan aksesibilitas menuju wisata
berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Efektivitas instagram dan
youtube berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian
secara mediasi yang berpengaruh signifikan hanya variabel efektivitas instagram
terhadap keputusan berkunjung melalui aksesibilitas menuju wisata, efektivitas
instagram terhadap keputusan berkunjung melalui informasi kelompok referensi,
dan efektivitas facebook terhadap keputusan berkunjung melalui informasi
kelompok referensi. Berdasarkan hasil tersebut sebaiknya pengelola BJBR perlu
mempertahankan dan meningkatkan promosi serta penyampaian informasi
melalui media sosial instagram dengan memperhatikan keadaan aksesibilitas
menuju BJBR agar BJBR dapat dijangkau oleh wisatawan yang berada di luar
daerah kota Probolinggo.</description><date>2019-06-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169677/1/Agela%20Regita%20Wiragasari.pdf</identifier><identifier> Wiragasari, Agela Regita (2019) Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPIK/2019/35/051903074</relation><recordID>169677</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wiragasari, Agela Regita |
title |
Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai
Media Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisata dengan Mediasi
Informasi Kelompok Referensi dan Aksesibilitas Menuju Wisata di Wisata Beejay
Bakau Resort, Kota Probolinggo, Jawa Timur |
publishDate |
2019 |
topic |
338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
url |
http://repository.ub.ac.id/169677/1/Agela%20Regita%20Wiragasari.pdf http://repository.ub.ac.id/169677/ |
contents |
Ekowisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo merupakan salah
satu ekowisata mangrove yang dimiliki Kota Probolinggo, Jawa Timur. Bee Jay
Balau Resort (BJBR) menggunakan 3 jenis media sosial dalam melakukan
promosi wisata yaitu instagram, facebook, dan youtube.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
karakteristik wisatawan yang berkunjung ke wisata BJBR dan menganalisis
pengaruh efektivitas penggunaan media sosial sebagai promosi wisata terhadap
keputusan berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri dengan
kriteria menggunakan media sosia instagram, facebook, ataupun youtube. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan
menggunakan teori Ferdinand dalam penentuan jumlah sampel yaitu indikator
dikalikan 5 sehingga didapatkan sampel sebanyak 125 responden. Data primer
pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden.
Kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur
yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif
berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif
kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh efektivitas
penggunaan media sosial terhadap keputusan berkunjung wisata.
Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik wisatawan BJBR meliputi
jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan,
daerah asal, media sosial yang digunakan, motivasi/tujuan berkunjung, lama
kunjungan, rekan berkunjung, dan biaya perjalanan. Berdasarkan hasil analisis
PLS didapatkan persamaan structural Y3 = 0,088 X1 - 0,01 X2 + 0,132 X3 + 0,151
Y1 + 0,695 Y2 dengan persamaan Y1 = 0,197 X1 + 0,397 X2 + 0,371 X3 dan Y2 =
0,320 X1 - 0,118 X2 + 0,112 X3. Berdasarkan hasil bootstrap menunjukkan bahwa
variabel efektifitas media sosial berpengaruh signifikan terhadap informasi
kelompok referensi. Kemudian variabel efektifitas media sosial yang berpengaruh
signifikan terhadap aksesibilitas menuju wisata hanya variabel efektivitas
instagram. Variabel informasi kelompok referensi dan aksesibilitas menuju wisata
berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Efektivitas instagram dan
youtube berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian
secara mediasi yang berpengaruh signifikan hanya variabel efektivitas instagram
terhadap keputusan berkunjung melalui aksesibilitas menuju wisata, efektivitas
instagram terhadap keputusan berkunjung melalui informasi kelompok referensi,
dan efektivitas facebook terhadap keputusan berkunjung melalui informasi
kelompok referensi. Berdasarkan hasil tersebut sebaiknya pengelola BJBR perlu
mempertahankan dan meningkatkan promosi serta penyampaian informasi
melalui media sosial instagram dengan memperhatikan keadaan aksesibilitas
menuju BJBR agar BJBR dapat dijangkau oleh wisatawan yang berada di luar
daerah kota Probolinggo. |
id |
IOS4666.169677 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:59Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454134292185088 |
score |
17.538404 |