Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom (Mash Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut)

Main Author: Putri, Rizka Amalia Zeny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169254/1/Rizka%20Amalia%20Zeny%20Putri%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169254/
ctrlnum 169254
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169254/</relation><title>Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto&#xD; Recording Smart Hybrid Classroom (Mash&#xD; Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu&#xD; Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan&#xD; Unified Theory Of Acceptance And Use Of&#xD; Technology (Utaut)</title><creator>Putri, Rizka Amalia Zeny</creator><subject>378.028 5 Computer application</subject><description>Fasilitas MASH Classroom sebagai salah satu wujud keberadaan smart&#xD; classroom di FILKOM UB telah diterapkan selama sekitar satu tahun, namun masih&#xD; terdapat berbagai kendala terkait kesuksesan implementasinya dari sudut&#xD; pandang mahasiswa FILKOM UB (pengguna). Evaluasi terhadap kesuksesan&#xD; implementasi MASH Classroom diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi yang&#xD; dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kesuksesan implementasinya. Hal&#xD; tersebut dilakukan menggunakan empat variabel dari model Unified Theory of&#xD; Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yaitu performance expectancy, effort&#xD; expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Metode penelitian&#xD; kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dalam penelitian ini mencakup 1273&#xD; mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai populasinya. Sampel&#xD; ditentukan melalui rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 10% yang&#xD; mendapatkan 96 mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai&#xD; sampel penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel performance&#xD; expectancy (50,68%), effort expectancy (53,80%), social influence (62,40%) dan&#xD; facilitating conditions (56,20%) berada di kategori sedang. Rekomendasi yang&#xD; diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah menekankan penyampaian Rencana&#xD; Pembelajaran Semester (RPS) di pertemuan pertama tiap semester, penyediaan&#xD; SDM dengan tugas spesifik untuk operasionalisasi MASH Classroom sehari-hari,&#xD; pengalokasian MASH Classroom dalam proses peminjaman kelas untuk kegiatan&#xD; mahasiswa, kemudian menekankan penerapan computer-supported collaborative&#xD; learning (CSCL) oleh para dosen pengajar melalui workshop dan pelatihan.</description><date>2019-02-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169254/1/Rizka%20Amalia%20Zeny%20Putri%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Putri, Rizka Amalia Zeny (2019) Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom (Mash Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/155/051902325</relation><recordID>169254</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putri, Rizka Amalia Zeny
title Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom (Mash Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut)
publishDate 2019
topic 378.028 5 Computer application
url http://repository.ub.ac.id/169254/1/Rizka%20Amalia%20Zeny%20Putri%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169254/
contents Fasilitas MASH Classroom sebagai salah satu wujud keberadaan smart classroom di FILKOM UB telah diterapkan selama sekitar satu tahun, namun masih terdapat berbagai kendala terkait kesuksesan implementasinya dari sudut pandang mahasiswa FILKOM UB (pengguna). Evaluasi terhadap kesuksesan implementasi MASH Classroom diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kesuksesan implementasinya. Hal tersebut dilakukan menggunakan empat variabel dari model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Metode penelitian kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dalam penelitian ini mencakup 1273 mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai populasinya. Sampel ditentukan melalui rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 10% yang mendapatkan 96 mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai sampel penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel performance expectancy (50,68%), effort expectancy (53,80%), social influence (62,40%) dan facilitating conditions (56,20%) berada di kategori sedang. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah menekankan penyampaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di pertemuan pertama tiap semester, penyediaan SDM dengan tugas spesifik untuk operasionalisasi MASH Classroom sehari-hari, pengalokasian MASH Classroom dalam proses peminjaman kelas untuk kegiatan mahasiswa, kemudian menekankan penerapan computer-supported collaborative learning (CSCL) oleh para dosen pengajar melalui workshop dan pelatihan.
id IOS4666.169254
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:53:39Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:39Z
recordtype dc
_version_ 1751454137193594880
score 17.538404