Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom (Mash Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut)
Main Author: | Putri, Rizka Amalia Zeny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169254/1/Rizka%20Amalia%20Zeny%20Putri%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169254/ |
ctrlnum |
169254 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169254/</relation><title>Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto
Recording Smart Hybrid Classroom (Mash
Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu
Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan
Unified Theory Of Acceptance And Use Of
Technology (Utaut)</title><creator>Putri, Rizka Amalia Zeny</creator><subject>378.028 5 Computer application</subject><description>Fasilitas MASH Classroom sebagai salah satu wujud keberadaan smart
classroom di FILKOM UB telah diterapkan selama sekitar satu tahun, namun masih
terdapat berbagai kendala terkait kesuksesan implementasinya dari sudut
pandang mahasiswa FILKOM UB (pengguna). Evaluasi terhadap kesuksesan
implementasi MASH Classroom diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi yang
dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kesuksesan implementasinya. Hal
tersebut dilakukan menggunakan empat variabel dari model Unified Theory of
Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yaitu performance expectancy, effort
expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Metode penelitian
kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dalam penelitian ini mencakup 1273
mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai populasinya. Sampel
ditentukan melalui rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 10% yang
mendapatkan 96 mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai
sampel penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel performance
expectancy (50,68%), effort expectancy (53,80%), social influence (62,40%) dan
facilitating conditions (56,20%) berada di kategori sedang. Rekomendasi yang
diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah menekankan penyampaian Rencana
Pembelajaran Semester (RPS) di pertemuan pertama tiap semester, penyediaan
SDM dengan tugas spesifik untuk operasionalisasi MASH Classroom sehari-hari,
pengalokasian MASH Classroom dalam proses peminjaman kelas untuk kegiatan
mahasiswa, kemudian menekankan penerapan computer-supported collaborative
learning (CSCL) oleh para dosen pengajar melalui workshop dan pelatihan.</description><date>2019-02-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169254/1/Rizka%20Amalia%20Zeny%20Putri%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Putri, Rizka Amalia Zeny (2019) Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom (Mash Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/155/051902325</relation><recordID>169254</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Putri, Rizka Amalia Zeny |
title |
Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto
Recording Smart Hybrid Classroom (Mash
Classroom) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu
Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan
Unified Theory Of Acceptance And Use Of
Technology (Utaut) |
publishDate |
2019 |
topic |
378.028 5 Computer application |
url |
http://repository.ub.ac.id/169254/1/Rizka%20Amalia%20Zeny%20Putri%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169254/ |
contents |
Fasilitas MASH Classroom sebagai salah satu wujud keberadaan smart
classroom di FILKOM UB telah diterapkan selama sekitar satu tahun, namun masih
terdapat berbagai kendala terkait kesuksesan implementasinya dari sudut
pandang mahasiswa FILKOM UB (pengguna). Evaluasi terhadap kesuksesan
implementasi MASH Classroom diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi yang
dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kesuksesan implementasinya. Hal
tersebut dilakukan menggunakan empat variabel dari model Unified Theory of
Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yaitu performance expectancy, effort
expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Metode penelitian
kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dalam penelitian ini mencakup 1273
mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai populasinya. Sampel
ditentukan melalui rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 10% yang
mendapatkan 96 mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai
sampel penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel performance
expectancy (50,68%), effort expectancy (53,80%), social influence (62,40%) dan
facilitating conditions (56,20%) berada di kategori sedang. Rekomendasi yang
diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah menekankan penyampaian Rencana
Pembelajaran Semester (RPS) di pertemuan pertama tiap semester, penyediaan
SDM dengan tugas spesifik untuk operasionalisasi MASH Classroom sehari-hari,
pengalokasian MASH Classroom dalam proses peminjaman kelas untuk kegiatan
mahasiswa, kemudian menekankan penerapan computer-supported collaborative
learning (CSCL) oleh para dosen pengajar melalui workshop dan pelatihan. |
id |
IOS4666.169254 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:39Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454137193594880 |
score |
17.538404 |