Prediksi Rating Pada Review Produk Kecantikan Menggunakan Metode Semantic Orientation Calculator dan Regresi Linier

Main Author: Sapuhtra, Bastian Dolly
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169238/1/Bastian%20Dolly%20Sapuhtra%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169238/
Daftar Isi:
  • Ramainya produsen produk kecantikan menghasilkan produk yang bagus dan beragam. Hal ini menarik konsumen untuk menggunakan produk-produk kecantikan tersebut. Semakin banyak konsumen yang menggunakan produk kecantikan tersebut, membuat produsen mencoba berbagai inovasi pada produk mereka. Inovasi dapat diperoleh dari banyaknya komentar, saran, atau review yang dibuat oleh konsumen pada berbagai macam produk. Manfaat dari review produk bagi konsumen juga berguna untuk memperoleh informasi sebelum membeli suatu produk. Banyak hasil review yang ada tidak disertai dengan rating. Hal ini membuat produsen sulit dalam mengelompokkan review pada sentiment tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk pengelompokan review kedalam sentiment tertentu secara otomatis dalam bentuk rating. Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem menggunakan metode penghitungan Semantic Orientation Calulator dan Regresi Linier. Pemecahan kalimat pada review kedalam bentuk n-gram (bigram dan trigram) dan satu kalimat bertujuan meningkatkan hasil prediksi. Hasil Pengujian pada sistem ini adalah 23%, 71%, 67% pada akurasi bigram, 24%, 71%, 67% pada akurasi trigram, dan paling rendah 24%, 67%, 64% pada akurasi satu kalimat dengan menggunakan model pengujian toleransi 0, toleransi 1, dan sentiment review. Hasil pengujian terbaik pada pemecahan kalimat menggunakan n-gram (bigram dan trigram) cukup baik menyelesaikan masalah pada penelitian.