Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Kantorpos Dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Main Author: Situmorang, Theresia Karina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169092/
Daftar Isi:
  • m-KantorPos adalah layanan berbasis aplikasi mobile produk dari PT. Pos Indonesia (Persero) yang berfokus pada dua layanan utama yaitu fitur umum seperti Lacak Kiriman, Cek Tarif Kiriman, Cari Kodepos dan fitur lainnya yaitu layanan jasa keuangan. Berbeda dari rencana awal PT. Pos Indonesia (Persero) yang ingin agar aplikasi dapat digunakan oleh masyarakat umum, m-KantorPos hanya dapat digunakan oleh pegawai Kantor Pos saja. Aplikasi m-KantorPos perlu di evaluasi dengan mengukur tingkat usability dan penggalian masalah untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan aplikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu usability testing untuk mengukur komponen learnability, efficiency dan errors. Wawancara digunakan untuk menggali permasalahan usability pada aplikasi m-KantorPos. Kuesioner System Usability Scale (SUS) digunakan untuk mengukur komponen satisfaction. Pengujian usability dan wawancara dilakukan pada 6 pengguna pemula aplikasi m-KantorPos yang dipilih berdasarkan rentang 19-34 tahun dan 35-54 tahun. Kuesioner diisi oleh 30 respoden pengguna aktif aplikasi m-KantorPos. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan tingkat kemudahan sebesar 75,00%, tingkat kecepatan sebesar 0,04 goals/sec, tingkat kesalahan sebesar 0,11 dan tingkat kepuasan sebesar 50,00%- 60,00%. Terdapat 9 permasalahan usability seperti menu tidak terlihat, judul menu yang terlalu panjang, warna tombol yang samar, waktu loading lambat, layout antarmuka aplikasi tidak fleksibel dan reponsif, tombol kurang responsif. Dari permasalahan tersebut dirumuskan rekomendasi perbaikan menurut usability guidelines yang sesuai dengan fungsi, fitur dan konten aplikasi mKantorPos.