Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Kantorpos Dengan Menggunakan Metode Usability Testing
Main Author: | Situmorang, Theresia Karina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169092/ |
ctrlnum |
169092 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169092/</relation><title>Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Kantorpos
Dengan Menggunakan Metode Usability Testing</title><creator>Situmorang, Theresia Karina</creator><subject>005.019 Psychological principles</subject><description>m-KantorPos adalah layanan berbasis aplikasi mobile produk dari PT. Pos
Indonesia (Persero) yang berfokus pada dua layanan utama yaitu fitur umum
seperti Lacak Kiriman, Cek Tarif Kiriman, Cari Kodepos dan fitur lainnya yaitu
layanan jasa keuangan. Berbeda dari rencana awal PT. Pos Indonesia (Persero)
yang ingin agar aplikasi dapat digunakan oleh masyarakat umum, m-KantorPos
hanya dapat digunakan oleh pegawai Kantor Pos saja. Aplikasi m-KantorPos perlu
di evaluasi dengan mengukur tingkat usability dan penggalian masalah untuk
menghasilkan rekomendasi perbaikan aplikasi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini, yaitu usability testing untuk mengukur komponen learnability,
efficiency dan errors. Wawancara digunakan untuk menggali permasalahan
usability pada aplikasi m-KantorPos. Kuesioner System Usability Scale (SUS)
digunakan untuk mengukur komponen satisfaction. Pengujian usability dan
wawancara dilakukan pada 6 pengguna pemula aplikasi m-KantorPos yang dipilih
berdasarkan rentang 19-34 tahun dan 35-54 tahun. Kuesioner diisi oleh 30
respoden pengguna aktif aplikasi m-KantorPos. Berdasarkan hasil pengujian
didapatkan tingkat kemudahan sebesar 75,00%, tingkat kecepatan sebesar 0,04
goals/sec, tingkat kesalahan sebesar 0,11 dan tingkat kepuasan sebesar 50,00%-
60,00%. Terdapat 9 permasalahan usability seperti menu tidak terlihat, judul
menu yang terlalu panjang, warna tombol yang samar, waktu loading lambat,
layout antarmuka aplikasi tidak fleksibel dan reponsif, tombol kurang responsif.
Dari permasalahan tersebut dirumuskan rekomendasi perbaikan menurut
usability guidelines yang sesuai dengan fungsi, fitur dan konten aplikasi mKantorPos.</description><date>2019-03-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Situmorang, Theresia Karina (2019) Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Kantorpos Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/171/051902341</relation><recordID>169092</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Situmorang, Theresia Karina |
title |
Evaluasi Usability Pada Aplikasi M-Kantorpos
Dengan Menggunakan Metode Usability Testing |
publishDate |
2019 |
topic |
005.019 Psychological principles |
url |
http://repository.ub.ac.id/169092/ |
contents |
m-KantorPos adalah layanan berbasis aplikasi mobile produk dari PT. Pos
Indonesia (Persero) yang berfokus pada dua layanan utama yaitu fitur umum
seperti Lacak Kiriman, Cek Tarif Kiriman, Cari Kodepos dan fitur lainnya yaitu
layanan jasa keuangan. Berbeda dari rencana awal PT. Pos Indonesia (Persero)
yang ingin agar aplikasi dapat digunakan oleh masyarakat umum, m-KantorPos
hanya dapat digunakan oleh pegawai Kantor Pos saja. Aplikasi m-KantorPos perlu
di evaluasi dengan mengukur tingkat usability dan penggalian masalah untuk
menghasilkan rekomendasi perbaikan aplikasi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini, yaitu usability testing untuk mengukur komponen learnability,
efficiency dan errors. Wawancara digunakan untuk menggali permasalahan
usability pada aplikasi m-KantorPos. Kuesioner System Usability Scale (SUS)
digunakan untuk mengukur komponen satisfaction. Pengujian usability dan
wawancara dilakukan pada 6 pengguna pemula aplikasi m-KantorPos yang dipilih
berdasarkan rentang 19-34 tahun dan 35-54 tahun. Kuesioner diisi oleh 30
respoden pengguna aktif aplikasi m-KantorPos. Berdasarkan hasil pengujian
didapatkan tingkat kemudahan sebesar 75,00%, tingkat kecepatan sebesar 0,04
goals/sec, tingkat kesalahan sebesar 0,11 dan tingkat kepuasan sebesar 50,00%-
60,00%. Terdapat 9 permasalahan usability seperti menu tidak terlihat, judul
menu yang terlalu panjang, warna tombol yang samar, waktu loading lambat,
layout antarmuka aplikasi tidak fleksibel dan reponsif, tombol kurang responsif.
Dari permasalahan tersebut dirumuskan rekomendasi perbaikan menurut
usability guidelines yang sesuai dengan fungsi, fitur dan konten aplikasi mKantorPos. |
id |
IOS4666.169092 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:28Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454139378827264 |
score |
17.538404 |