Analisis Pengaruh Kualitas Iklan Media Sosial Youtube Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Iklan Ramayana Department Store

Main Author: Pramesti, Regita Cahyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168975/1/Regita%20Cahyani%20Pramesti%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/168975/
Daftar Isi:
  • Ramayana Department Store merupakan anak dari PT Ramayana Lestari Sentosa yang bergerak dibidang fashion. Media sosial yang digunakan dalam pemasaran Ramayana Department Store adalah salah satunya Youtube. Beberapa iklan dari Ramayana Department Store mendapatkan Youtube Ads Leaderboard Award pada tahun 2017. Youtube adalah salah satu media sosial tempat untuk melakukan sebuah promosi dari perusahaan. Pada penelitian ini Ramayana Department Store menggunakan media sosial Youtube sebagai alat melakukan pemasaran produk mereka melalui iklan-iklan yang menarik perhatian dari pengguna Youtube. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui pengaruh dari pemasaran melalui media sosial terhadap loyalitas konsumen. Sebelum dilakukan penyebaran data kuesioner, dilakukan terlebih dahulu pilot study terhadap 30 responden untuk dapat mengetahui kualitas dari pernyataan kuesioner sebelum disebarkan kepada responden asli. Dari 44 pernyataan terdapat 3 pernyataan yang tidak valid, dengan demikian pernyataan yang akan diberikan kepada responden asli berjumlah 41 pernyataan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling terhadap 120 responden yang memenuhi kriteria dimana responden dari penelitian ini adalah pengguna Youtube yang pernah melihat atau menonton iklan dari Ramayana Department Store dan pernah melakukan transaksi pembelian minimal satu kali di outlet Ramayana Department Store seluruh Indonesia. Setelah mendapatkan data kemudian dilakukan analisis menggunakan regresi linear berganda terhadap lima variabel bebas dan satu variabel terikat. Analisis pada penelitian dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS. Hasil menunjukkan bahwa variabel advantageous campaign memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel loyalitas konsumen dengan nilai T dan signifikan sebesar 2,121 dan 0,036. Pada variabel relevant content terdapat hasil yang positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen dengan nilai T sebesar 2,075 dan Sig. 0,040. Kemudian pada variabel popular content memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel terikat yaitu loyalitas konsumen dengan nilai T yaitu 2,099 dan Sig. sebesar 0,038. Variabel frequently update content menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen dengan nilai T dan Sig. sebesar 2,587 dan 0,011. Sementara pada variabel various platform and offers application tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen karena memiliki nilai T yaitu 1,505 dan Sig. sebesar 0,135.