Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi
Main Author: | Pratama, Muh. Ananta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/168959/1/Muh.%20Ananta%20Pratama%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/168959/ |
Daftar Isi:
- Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam hidup manusia. Berolahraga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita agar bisa selalu dalam keadaan siap untuk menjalani keseharian kita. Akan tetapi, di era modern saat ini, banyak masyarakat yang sering lalai dalam menjaga rutinitas berolahraga ini dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang seringkali kita temui untuk tidak berolahraga adalah tidak adanya teman untuk berolahraga sehingga dapat mengurangi motivasi kita untuk berolahraga. Dengan memanfaatkan teknologi smartphone yang sudah dimiliki oleh sebagian besar masyarakat, penelitian ini menawarkan sebuah solusi berupa aplikasi yang bernama “Sportyway” yang merupakan aplikasi pencari teman untuk berolahraga yang berbasis lokasi. Selain dapat meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam olahraga, aplikasi ini juga dapat menambah teman baru serta dapat membantu masyarakat agar bisa berolahraga secara rutin. Dalam pengembangannya, penelitian ini menggunakan metode Scrum sebagai software development lifecycle yang digunakan. Terdapat empat proses dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem. Proses analisis kebutuhan menghasilkan sepuluh kebutuhan fungsional dan dua kebutuhan non fungsional. Kebutuhan yang telah diperoleh kemudian dijadikan acuan untuk membuat rancangan class diagram, activity diagram, rancangan basis data, dan rancangan algoritme. Rancangan yang telah dibuat diimplementasikan ke dalam kode program menggunakan framework React Native dengan bahasa pemrograman Typescript. Setelah implementasi selesai dilakukan maka kemudian dilanjutkan dengan pengujian sistem yang mencakup pengujian validasi untuk memastikan semua fitur dapat berjalan dengan benar serta pengujian usabilitas untuk mengukur tingkat kepuasan dan kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan. Setelah dilakukan pengujian validasi dan usabilitas, didapatkan hasil yaitu semua fitur telah dinyatakan valid dan bekerja sesuai kebutuhan dan berdasarkan analisis kuisioner yang diberikan kepada responden, didapatkan nilai persepsi pengguna sebesar 4,0375 yang berarti memuaskan.