Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi
Main Author: | Pratama, Muh. Ananta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/168959/1/Muh.%20Ananta%20Pratama%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/168959/ |
ctrlnum |
168959 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/168959/</relation><title>Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari
Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi</title><creator>Pratama, Muh. Ananta</creator><subject>005.36 Programs for personal computers</subject><description>Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam hidup
manusia. Berolahraga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita agar
bisa selalu dalam keadaan siap untuk menjalani keseharian kita. Akan tetapi, di
era modern saat ini, banyak masyarakat yang sering lalai dalam menjaga rutinitas
berolahraga ini dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang seringkali kita
temui untuk tidak berolahraga adalah tidak adanya teman untuk berolahraga
sehingga dapat mengurangi motivasi kita untuk berolahraga. Dengan
memanfaatkan teknologi smartphone yang sudah dimiliki oleh sebagian besar
masyarakat, penelitian ini menawarkan sebuah solusi berupa aplikasi yang
bernama “Sportyway” yang merupakan aplikasi pencari teman untuk
berolahraga yang berbasis lokasi. Selain dapat meningkatkan angka partisipasi
masyarakat dalam olahraga, aplikasi ini juga dapat menambah teman baru serta
dapat membantu masyarakat agar bisa berolahraga secara rutin. Dalam
pengembangannya, penelitian ini menggunakan metode Scrum sebagai software
development lifecycle yang digunakan. Terdapat empat proses dalam penelitian
ini yaitu analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem.
Proses analisis kebutuhan menghasilkan sepuluh kebutuhan fungsional dan dua
kebutuhan non fungsional. Kebutuhan yang telah diperoleh kemudian dijadikan
acuan untuk membuat rancangan class diagram, activity diagram, rancangan
basis data, dan rancangan algoritme. Rancangan yang telah dibuat
diimplementasikan ke dalam kode program menggunakan framework React
Native dengan bahasa pemrograman Typescript. Setelah implementasi selesai
dilakukan maka kemudian dilanjutkan dengan pengujian sistem yang mencakup
pengujian validasi untuk memastikan semua fitur dapat berjalan dengan benar
serta pengujian usabilitas untuk mengukur tingkat kepuasan dan kemudahan
pengguna dalam menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan. Setelah
dilakukan pengujian validasi dan usabilitas, didapatkan hasil yaitu semua fitur
telah dinyatakan valid dan bekerja sesuai kebutuhan dan berdasarkan analisis
kuisioner yang diberikan kepada responden, didapatkan nilai persepsi pengguna
sebesar 4,0375 yang berarti memuaskan.</description><date>2019-01-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/168959/1/Muh.%20Ananta%20Pratama%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Pratama, Muh. Ananta (2019) Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2018/152/05192322</relation><recordID>168959</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Pratama, Muh. Ananta |
title |
Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari
Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi |
publishDate |
2019 |
topic |
005.36 Programs for personal computers |
url |
http://repository.ub.ac.id/168959/1/Muh.%20Ananta%20Pratama%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/168959/ |
contents |
Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam hidup
manusia. Berolahraga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita agar
bisa selalu dalam keadaan siap untuk menjalani keseharian kita. Akan tetapi, di
era modern saat ini, banyak masyarakat yang sering lalai dalam menjaga rutinitas
berolahraga ini dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang seringkali kita
temui untuk tidak berolahraga adalah tidak adanya teman untuk berolahraga
sehingga dapat mengurangi motivasi kita untuk berolahraga. Dengan
memanfaatkan teknologi smartphone yang sudah dimiliki oleh sebagian besar
masyarakat, penelitian ini menawarkan sebuah solusi berupa aplikasi yang
bernama “Sportyway” yang merupakan aplikasi pencari teman untuk
berolahraga yang berbasis lokasi. Selain dapat meningkatkan angka partisipasi
masyarakat dalam olahraga, aplikasi ini juga dapat menambah teman baru serta
dapat membantu masyarakat agar bisa berolahraga secara rutin. Dalam
pengembangannya, penelitian ini menggunakan metode Scrum sebagai software
development lifecycle yang digunakan. Terdapat empat proses dalam penelitian
ini yaitu analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem.
Proses analisis kebutuhan menghasilkan sepuluh kebutuhan fungsional dan dua
kebutuhan non fungsional. Kebutuhan yang telah diperoleh kemudian dijadikan
acuan untuk membuat rancangan class diagram, activity diagram, rancangan
basis data, dan rancangan algoritme. Rancangan yang telah dibuat
diimplementasikan ke dalam kode program menggunakan framework React
Native dengan bahasa pemrograman Typescript. Setelah implementasi selesai
dilakukan maka kemudian dilanjutkan dengan pengujian sistem yang mencakup
pengujian validasi untuk memastikan semua fitur dapat berjalan dengan benar
serta pengujian usabilitas untuk mengukur tingkat kepuasan dan kemudahan
pengguna dalam menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan. Setelah
dilakukan pengujian validasi dan usabilitas, didapatkan hasil yaitu semua fitur
telah dinyatakan valid dan bekerja sesuai kebutuhan dan berdasarkan analisis
kuisioner yang diberikan kepada responden, didapatkan nilai persepsi pengguna
sebesar 4,0375 yang berarti memuaskan. |
id |
IOS4666.168959 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:23Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454140716810240 |
score |
17.538404 |