Sistem Pengembangan Workflow Manajemen Kerja (Studi Kasus: PT. Chevron Pacific Indonesia)
Main Author: | Ramadhan, Lazuardi Dio |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/168894/1/Lazuardi%20Dio%20Ramadhan.pdf http://repository.ub.ac.id/168894/ |
ctrlnum |
168894 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/168894/</relation><title>Sistem Pengembangan Workflow Manajemen Kerja
(Studi Kasus: PT. Chevron Pacific Indonesia)</title><creator>Ramadhan, Lazuardi Dio</creator><subject>658.403 8 Information management</subject><description>Teknologi informasi merupakan hal diperlukan untuk mendapatkan keunggulan
serta lebih maju dan berkembang pada suatu perusahaan. Keunggulan teknologi
informasi yaitu dapat membantu manajemen di suatu perusahaan karena
menghasilkan informasi dengan cepat dan bermanfaat. Pada suatu perusahaan
seperti PT Chevon Pacific Indonesia keberhasilan ditentukan salah satunya dengan
kinerja manajemen pekerjaan yang baik. Manajemen pekerjaan pasti terkait
dengan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu tertentu yang akan menentukan
kinerja dari perusahaan tersebut. Perusahaan PT Chevron Pacific Indonesia
mempunyai banyak teknologi informasi pada bidang manajemen kerja, namun
saat ini dalam manajemen kerja untuk membuat suatu proses pekerjaan harus
membuat proses bisnis terlebih dahulu, kemudian setelelah selesai dengan sistem
yang berbeda baru dapat melakukan penugasan terhadap karyawannya. Hal
tersebut menyebabkan masalah yaitu sulitnya melakukan penugasan secara
langsung terhadap karyawan dan pelacakan proses pekerjaan. Saat ini dalam
melakukan hal tersebut harus membandingkan ke dua sistem yang berbeda. PT
Chevron Pacific Indonesia membutuhkan sistem untuk membantu pembuatan
proses bisnis dan penugasan karyawan sekaligus dan dapat melacak suatu kendala
pada proses bisnis tersebut termasuk karyawan yang bertanggung jawab pada
proses tersebut. Dalam membuat sistem tersebut menggunakan pendekatan
workflow yang merupakan alur proses kerja dan dapat dilakukan pelacakan yang
di dalamnya dapat memberikan tugas ke partisipan atau karyawan tertentu.
Dalam merepresentasikan workflow dilakukan pendekatan Business Process
Model Notation (BPMN) yang merupakan suatu standar untuk memodelkan
proses bisnis. Pada akhirnya sistem dapat melakukan pembuatan proses bisnis,
penugasan karyawan, dan melakukan pelacakan tugas. Sistem ini dibangun pada
platform web dan telah diuji dengan pengujian whitebox dan blackbox.
Selanjutnya juga telah dilakukan pengujian usability dengan metode System
Usability Scale dan sistem memasuki kategori acceptable yaitu sistem sudah
dibuat sesuai keinginan pengguna.</description><date>2019-04-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/168894/1/Lazuardi%20Dio%20Ramadhan.pdf</identifier><identifier> Ramadhan, Lazuardi Dio (2019) Sistem Pengembangan Workflow Manajemen Kerja (Studi Kasus: PT. Chevron Pacific Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/110/051902280</relation><recordID>168894</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ramadhan, Lazuardi Dio |
title |
Sistem Pengembangan Workflow Manajemen Kerja
(Studi Kasus: PT. Chevron Pacific Indonesia) |
publishDate |
2019 |
topic |
658.403 8 Information management |
url |
http://repository.ub.ac.id/168894/1/Lazuardi%20Dio%20Ramadhan.pdf http://repository.ub.ac.id/168894/ |
contents |
Teknologi informasi merupakan hal diperlukan untuk mendapatkan keunggulan
serta lebih maju dan berkembang pada suatu perusahaan. Keunggulan teknologi
informasi yaitu dapat membantu manajemen di suatu perusahaan karena
menghasilkan informasi dengan cepat dan bermanfaat. Pada suatu perusahaan
seperti PT Chevon Pacific Indonesia keberhasilan ditentukan salah satunya dengan
kinerja manajemen pekerjaan yang baik. Manajemen pekerjaan pasti terkait
dengan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu tertentu yang akan menentukan
kinerja dari perusahaan tersebut. Perusahaan PT Chevron Pacific Indonesia
mempunyai banyak teknologi informasi pada bidang manajemen kerja, namun
saat ini dalam manajemen kerja untuk membuat suatu proses pekerjaan harus
membuat proses bisnis terlebih dahulu, kemudian setelelah selesai dengan sistem
yang berbeda baru dapat melakukan penugasan terhadap karyawannya. Hal
tersebut menyebabkan masalah yaitu sulitnya melakukan penugasan secara
langsung terhadap karyawan dan pelacakan proses pekerjaan. Saat ini dalam
melakukan hal tersebut harus membandingkan ke dua sistem yang berbeda. PT
Chevron Pacific Indonesia membutuhkan sistem untuk membantu pembuatan
proses bisnis dan penugasan karyawan sekaligus dan dapat melacak suatu kendala
pada proses bisnis tersebut termasuk karyawan yang bertanggung jawab pada
proses tersebut. Dalam membuat sistem tersebut menggunakan pendekatan
workflow yang merupakan alur proses kerja dan dapat dilakukan pelacakan yang
di dalamnya dapat memberikan tugas ke partisipan atau karyawan tertentu.
Dalam merepresentasikan workflow dilakukan pendekatan Business Process
Model Notation (BPMN) yang merupakan suatu standar untuk memodelkan
proses bisnis. Pada akhirnya sistem dapat melakukan pembuatan proses bisnis,
penugasan karyawan, dan melakukan pelacakan tugas. Sistem ini dibangun pada
platform web dan telah diuji dengan pengujian whitebox dan blackbox.
Selanjutnya juga telah dilakukan pengujian usability dengan metode System
Usability Scale dan sistem memasuki kategori acceptable yaitu sistem sudah
dibuat sesuai keinginan pengguna. |
id |
IOS4666.168894 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:18Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454141613342720 |
score |
17.538404 |