Perbandingan Efisiensi Penduga Dengan Pendekatan Resampling Bootstrap Dan Blindfold Pada Analisis Jalur (Studi pada Kualitas Produk Teh Casabat terhadap Kepuasan Pelanggan dan terhadap Loyalitas Pelanggan)

Main Author: Rinela, Yuniar Yesa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168813/1/Yuniar%20Yesa%20Rinela%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/168813/
Daftar Isi:
  • Membangun pertumbuhan laba secara konstan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun loyalitas pelanggan, loyalitas itu akan terbentuk dari kepuasan pelanggan. Teh Casabat merupakan salah satu produk inovasi teh yang dibuat dari secang dan kulit salak yang memerlukan suatu strategi pemasaran untuk membuat pelanggan merasa puas dan membangun rasa loyal. Pada penelitian ini faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah kualitas produk Teh Casabat. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Malang dengan responden mahasiswa aktif jurusan Statistika Universitas Brawijaya sebanyak 100 mahasiswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil pengujian asumsi normalitas galat pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan memiliki galat yang tidak berdistribusi normal, oleh karena itu pada penelitian ini pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan bootstrap dan blindfold. Berdasarkan perhitungan efisiensi relatif, metode blindfold menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan bootstrap yang dibuktikan dengan nilai varian yang lebih kecil. Keragaman data yang dapat dijelaskan model dalam penelitian ini ialah sebesar 62,3% sedangkan sisanya sebesar 37,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model.