Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kacang Shanghai Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Partial Least Square (Studi pada Produk Kacang Shanghai di Perusahaan Gangsar Snack and Food Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur)
Main Author: | Oryza, Hindra Mahasidyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/168652/ |
Daftar Isi:
- Ditengah persaingan pasar yang tinggi kacang shanghai Gangsar mampu bertahan karena masih banyaknya warga Tulungagung yang masih setia mengkonsumsi kacang shanghai, bahkan mempertahankan kualitas produknya dan meningkatkannya sehingga mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk kacang shanghai. Tujuan penelitian ini menganalisis kualitas produk kacang shanghai terhadap kepuasan konsumen dan menentukan strategi rekomendasi kepada perusahaan Gangsar Snack and Food untuk mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk kacang shanghai di Kecamatan Ngunut. Responden penelitian ini yaitu 70 konsumen yang mengkonsumsi dan membeli kacang shanghai, serta minimal 1 kali pernah mengkonsumsi dan membeli kacang shanghai dalam sebulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang paling mencerminkan variabel produk (X1) adalah aroma (X12). Variabel harga (X2) adalah harga terjangkau (X21), Variabel kemasan (X3) adalah variasi ukuran kemasan (X31). Variabel promosi (X4) adalah potongan harga (X41). Variabel kepuasan konsumen (Y) adalah perasaan puas terhadap produk (Y1). Variabel produk dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, sedang variabel harga dan kemasan tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Rekomendasi strategi yang dilakukan perusahaan Gangsar Snack and Food mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu aroma produk.