Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang

Main Author: Chairie, Adira Deandra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167439/1/Adira%20Deandra%20Chairie%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/167439/
Daftar Isi:
  • Smartphone apabila digunakan secara tepat, dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya, termasuk anak yaitu memiliki fungsi adaptif untuk mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi. Rancangan penelitian menggunakan desain quasi experiment dengan metode non equivalent control gorup design, dengan sampel setiap kelompok tidak dipilih secara random. Sampel dipilih dengan cara Non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol (n=22), dan kelompok perlakuan (n=22). Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah perilaku kooperatif anak. Analisis uji T dependen pada kelompok perlakuan menunjukkan hasil signifikan (p=0.001) dan pada kelompok kontrol menunjukkan tidak berbeda secara signifikan (p=0.143). Hasil perbandingan kelompok kontrol dan perlakuan dengan uji T indepenen menunjukkan nilai P < α (0.014 < 0.05), bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelompok kontrol dan perlakuan. Salah satu kriteria ada sampel pada penelitian ini adalah anak yang sudah terpapar oleh smartphone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode terapi bermain game edukatif berbasis smartphone dapat meningkatkan skor perilaku kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang.