Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang
Main Author: | Chairie, Adira Deandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/167439/1/Adira%20Deandra%20Chairie%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/167439/ |
ctrlnum |
167439 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/167439/</relation><title>Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis
Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6
Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Kabupaten Malang.</title><creator>Chairie, Adira Deandra</creator><subject>372.3 Knowledge, computer science, library and information sciences, science, technology</subject><description>Smartphone apabila digunakan secara tepat, dapat memberikan dampak
positif bagi penggunanya, termasuk anak yaitu memiliki fungsi adaptif untuk
mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat
kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi.
Rancangan penelitian menggunakan desain quasi experiment dengan metode
non equivalent control gorup design, dengan sampel setiap kelompok tidak dipilih
secara random. Sampel dipilih dengan cara Non probability sampling dengan
teknik purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
kelompok kontrol (n=22), dan kelompok perlakuan (n=22). Variabel yang diukur
dalam penelitian ini adalah perilaku kooperatif anak. Analisis uji T dependen
pada kelompok perlakuan menunjukkan hasil signifikan (p=0.001) dan pada
kelompok kontrol menunjukkan tidak berbeda secara signifikan (p=0.143). Hasil
perbandingan kelompok kontrol dan perlakuan dengan uji T indepenen
menunjukkan nilai P < α (0.014 < 0.05), bahwa terdapat perbedaan hasil antara
kelompok kontrol dan perlakuan. Salah satu kriteria ada sampel pada penelitian
ini adalah anak yang sudah terpapar oleh smartphone. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah metode terapi bermain game edukatif berbasis smartphone
dapat meningkatkan skor perilaku kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun)
yang mengalami hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten
Malang.</description><date>2018-05-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/167439/1/Adira%20Deandra%20Chairie%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Chairie, Adira Deandra (2018) Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2018/146/051805387</relation><recordID>167439</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Chairie, Adira Deandra |
title |
Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis
Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6
Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Kabupaten Malang |
publishDate |
2018 |
topic |
372.3 Knowledge computer science library and information sciences science technology |
url |
http://repository.ub.ac.id/167439/1/Adira%20Deandra%20Chairie%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/167439/ |
contents |
Smartphone apabila digunakan secara tepat, dapat memberikan dampak
positif bagi penggunanya, termasuk anak yaitu memiliki fungsi adaptif untuk
mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat
kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi.
Rancangan penelitian menggunakan desain quasi experiment dengan metode
non equivalent control gorup design, dengan sampel setiap kelompok tidak dipilih
secara random. Sampel dipilih dengan cara Non probability sampling dengan
teknik purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
kelompok kontrol (n=22), dan kelompok perlakuan (n=22). Variabel yang diukur
dalam penelitian ini adalah perilaku kooperatif anak. Analisis uji T dependen
pada kelompok perlakuan menunjukkan hasil signifikan (p=0.001) dan pada
kelompok kontrol menunjukkan tidak berbeda secara signifikan (p=0.143). Hasil
perbandingan kelompok kontrol dan perlakuan dengan uji T indepenen
menunjukkan nilai P < α (0.014 < 0.05), bahwa terdapat perbedaan hasil antara
kelompok kontrol dan perlakuan. Salah satu kriteria ada sampel pada penelitian
ini adalah anak yang sudah terpapar oleh smartphone. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah metode terapi bermain game edukatif berbasis smartphone
dapat meningkatkan skor perilaku kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun)
yang mengalami hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten
Malang. |
id |
IOS4666.167439 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:52:02Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:51:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454150567133184 |
score |
17.538404 |