Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang

Main Author: Chairie, Adira Deandra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167439/1/Adira%20Deandra%20Chairie%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/167439/
ctrlnum 167439
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/167439/</relation><title>Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis&#xD; Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6&#xD; Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen&#xD; Kabupaten Malang.</title><creator>Chairie, Adira Deandra</creator><subject>372.3 Knowledge, computer science, library and information sciences, science, technology</subject><description>Smartphone apabila digunakan secara tepat, dapat memberikan dampak&#xD; positif bagi penggunanya, termasuk anak yaitu memiliki fungsi adaptif untuk&#xD; mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&#xD; pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat&#xD; kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi.&#xD; Rancangan penelitian menggunakan desain quasi experiment dengan metode&#xD; non equivalent control gorup design, dengan sampel setiap kelompok tidak dipilih&#xD; secara random. Sampel dipilih dengan cara Non probability sampling dengan&#xD; teknik purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu&#xD; kelompok kontrol (n=22), dan kelompok perlakuan (n=22). Variabel yang diukur&#xD; dalam penelitian ini adalah perilaku kooperatif anak. Analisis uji T dependen&#xD; pada kelompok perlakuan menunjukkan hasil signifikan (p=0.001) dan pada&#xD; kelompok kontrol menunjukkan tidak berbeda secara signifikan (p=0.143). Hasil&#xD; perbandingan kelompok kontrol dan perlakuan dengan uji T indepenen&#xD; menunjukkan nilai P &lt; &#x3B1; (0.014 &lt; 0.05), bahwa terdapat perbedaan hasil antara&#xD; kelompok kontrol dan perlakuan. Salah satu kriteria ada sampel pada penelitian&#xD; ini adalah anak yang sudah terpapar oleh smartphone. Kesimpulan dari&#xD; penelitian ini adalah metode terapi bermain game edukatif berbasis smartphone&#xD; dapat meningkatkan skor perilaku kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun)&#xD; yang mengalami hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten&#xD; Malang.</description><date>2018-05-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/167439/1/Adira%20Deandra%20Chairie%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Chairie, Adira Deandra (2018) Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2018/146/051805387</relation><recordID>167439</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Chairie, Adira Deandra
title Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang
publishDate 2018
topic 372.3 Knowledge
computer science
library and information sciences
science
technology
url http://repository.ub.ac.id/167439/1/Adira%20Deandra%20Chairie%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/167439/
contents Smartphone apabila digunakan secara tepat, dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya, termasuk anak yaitu memiliki fungsi adaptif untuk mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi. Rancangan penelitian menggunakan desain quasi experiment dengan metode non equivalent control gorup design, dengan sampel setiap kelompok tidak dipilih secara random. Sampel dipilih dengan cara Non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol (n=22), dan kelompok perlakuan (n=22). Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah perilaku kooperatif anak. Analisis uji T dependen pada kelompok perlakuan menunjukkan hasil signifikan (p=0.001) dan pada kelompok kontrol menunjukkan tidak berbeda secara signifikan (p=0.143). Hasil perbandingan kelompok kontrol dan perlakuan dengan uji T indepenen menunjukkan nilai P < α (0.014 < 0.05), bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelompok kontrol dan perlakuan. Salah satu kriteria ada sampel pada penelitian ini adalah anak yang sudah terpapar oleh smartphone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode terapi bermain game edukatif berbasis smartphone dapat meningkatkan skor perilaku kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang.
id IOS4666.167439
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:52:02Z
last_indexed 2021-10-28T07:51:46Z
recordtype dc
_version_ 1751454150567133184
score 17.538404