Analisis Faktor Minat Belt, Social Commerce, Kepercayaan Dan Followers Dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Facebook HIJUP

Main Author: Purwanti, Suanggra Lilik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/167000/
Daftar Isi:
  • HIJUP adalah Islamic fashion e-commerce. Berdasarkan survei IPrice pada peta e-commerce, HIJUP mengalami penurunan pengunjung pada triwulan III menuju triwulan IV, menurunnya jumlah pengunjung HIJUP menggambarkan penurunan minat beli konsumen yang membuat HIJUP harus meningkatkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan jumlah pengunjung sehingga menimbulkan minat beli konsumen. Minat beli dipengauhi oleh variabel kepercayaan, social commerce dan followers. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel-variabel yang ada menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online pada konsumen yang mengikuti akun fanpage facebook HIJUP dan pernah membeli produk HIJUP dengan total 82 responden menggunakan teknik purposive sampling. Kategori sangat tinggi ada pada variabel minat beli dan kepercayaan yang berarti minat beli konsumen dan kepercayaan konsumen pada HIJUP sangat tinggi, kategori tinggi ada pada variabel followers dan social commerce yang berarti pengaruh followers dan social commerce di fanpage facebook HIJUP tinggi. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan minat beli adalah HIJUP tetap mempertahankan minat transaksional, minat eksploratif konsumen dan meningkatkan pelayanan, kualitas produk, kerjasama dengan brand fashion ternama, membuka lebih banyak HIJUP store. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan variabel kepercayaan adalah meningkatkan kemampuan (ability) dengan menepatkan waktu pengiriman barang dan menjamin barang tepat sampai pada konsumen. Rekomendasi yang diberikan untuk variabel followers adalah meningkatkan promosi dengan mengadakan kontes atau giveaway. Rekomendasi untuk variabel social commerce adalah hendaknya HIJUP menggunakan jasa influencer atau endorse, memberi reward bagi konsumen yang review dan membuat percakapan dengan konsumen yang meriview.