Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS

Main Author: Novitasari, Anita Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166960/
Daftar Isi:
  • EzyPOS merupakan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanajemen usahanya. Aplikasi EzyPOS memiliki fungsi seperti mesin kasir. Pada penggunaan Aplikasi EzyPOS ditemukan beberapa permasalahan usability sehingga berpengaruh kepada pengalaman pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekomendasikan perbaikan User Interface dan User Experience Aplikasi EzyPOS beserta hasil evaluasi dan analisis keduanya. Pendekatan yang digunakan adalah Human-Centered Design (HCD) yang merupakan pendekatan desain dan pengembangan sistem untuk membuat sistem interaktif lebih bermanfaat dengan berfokus pada penggunaan sistem dan menerapkan faktor manusia / ergonomi dan pengetahuan dan teknik kegunaan. Tahapan HCD adalah spesifikasi konteks penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Metode evaluasi yang digunakan adalah Heuristic Evaluation (HE) yang merupakan metode untuk menemukan masalah usability dalam User Interface dengan menggunakan 3 - 5 evaluator untuk memeriksa dan menilai masalah sesuai dengan prinsip-prinsip usability yang berlaku. Perbaikan dilakukan berdasarkan severity ratings dari setiap permasalahan yang ditemukan oleh evaluator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain solusi dengan pendekatan HCD memiliki nilai usability yang lebih baik dari Aplikasi EzyPOS versi 1.0.19. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya jumlah permasalahan yang ditemukan pada desain solusi Aplikasi EzyPOS, yaitu dari 20 menjadi 6 permasalahan.