Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS
Main Author: | Novitasari, Anita Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166960/ |
ctrlnum |
166960 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/166960/</relation><title>Evaluasi dan
Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan
Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS</title><creator>Novitasari, Anita Putri</creator><subject>005.437 User interfaces</subject><description>EzyPOS merupakan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pelaku bisnis
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanajemen usahanya.
Aplikasi EzyPOS memiliki fungsi seperti mesin kasir. Pada penggunaan Aplikasi
EzyPOS ditemukan beberapa permasalahan usability sehingga berpengaruh
kepada pengalaman pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
merekomendasikan perbaikan User Interface dan User Experience Aplikasi EzyPOS
beserta hasil evaluasi dan analisis keduanya. Pendekatan yang digunakan adalah
Human-Centered Design (HCD) yang merupakan pendekatan desain dan
pengembangan sistem untuk membuat sistem interaktif lebih bermanfaat dengan
berfokus pada penggunaan sistem dan menerapkan faktor manusia / ergonomi
dan pengetahuan dan teknik kegunaan. Tahapan HCD adalah spesifikasi konteks
penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi, dan
evaluasi desain solusi. Metode evaluasi yang digunakan adalah Heuristic
Evaluation (HE) yang merupakan metode untuk menemukan masalah usability
dalam User Interface dengan menggunakan 3 - 5 evaluator untuk memeriksa dan
menilai masalah sesuai dengan prinsip-prinsip usability yang berlaku. Perbaikan
dilakukan berdasarkan severity ratings dari setiap permasalahan yang ditemukan
oleh evaluator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain solusi dengan
pendekatan HCD memiliki nilai usability yang lebih baik dari Aplikasi EzyPOS versi
1.0.19. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya jumlah permasalahan yang
ditemukan pada desain solusi Aplikasi EzyPOS, yaitu dari 20 menjadi 6
permasalahan.</description><date>2018-12-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Novitasari, Anita Putri (2018) Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/934/051900588</relation><recordID>166960</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Novitasari, Anita Putri |
title |
Evaluasi dan
Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan
Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS |
publishDate |
2018 |
topic |
005.437 User interfaces |
url |
http://repository.ub.ac.id/166960/ |
contents |
EzyPOS merupakan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pelaku bisnis
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanajemen usahanya.
Aplikasi EzyPOS memiliki fungsi seperti mesin kasir. Pada penggunaan Aplikasi
EzyPOS ditemukan beberapa permasalahan usability sehingga berpengaruh
kepada pengalaman pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
merekomendasikan perbaikan User Interface dan User Experience Aplikasi EzyPOS
beserta hasil evaluasi dan analisis keduanya. Pendekatan yang digunakan adalah
Human-Centered Design (HCD) yang merupakan pendekatan desain dan
pengembangan sistem untuk membuat sistem interaktif lebih bermanfaat dengan
berfokus pada penggunaan sistem dan menerapkan faktor manusia / ergonomi
dan pengetahuan dan teknik kegunaan. Tahapan HCD adalah spesifikasi konteks
penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi, dan
evaluasi desain solusi. Metode evaluasi yang digunakan adalah Heuristic
Evaluation (HE) yang merupakan metode untuk menemukan masalah usability
dalam User Interface dengan menggunakan 3 - 5 evaluator untuk memeriksa dan
menilai masalah sesuai dengan prinsip-prinsip usability yang berlaku. Perbaikan
dilakukan berdasarkan severity ratings dari setiap permasalahan yang ditemukan
oleh evaluator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain solusi dengan
pendekatan HCD memiliki nilai usability yang lebih baik dari Aplikasi EzyPOS versi
1.0.19. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya jumlah permasalahan yang
ditemukan pada desain solusi Aplikasi EzyPOS, yaitu dari 20 menjadi 6
permasalahan. |
id |
IOS4666.166960 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:51:37Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:51:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454153777872896 |
score |
17.538404 |