Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS

Main Author: Novitasari, Anita Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166960/
ctrlnum 166960
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/166960/</relation><title>Evaluasi dan&#xD; Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan&#xD; Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS</title><creator>Novitasari, Anita Putri</creator><subject>005.437 User interfaces</subject><description>EzyPOS merupakan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pelaku bisnis&#xD; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanajemen usahanya.&#xD; Aplikasi EzyPOS memiliki fungsi seperti mesin kasir. Pada penggunaan Aplikasi&#xD; EzyPOS ditemukan beberapa permasalahan usability sehingga berpengaruh&#xD; kepada pengalaman pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk&#xD; merekomendasikan perbaikan User Interface dan User Experience Aplikasi EzyPOS&#xD; beserta hasil evaluasi dan analisis keduanya. Pendekatan yang digunakan adalah&#xD; Human-Centered Design (HCD) yang merupakan pendekatan desain dan&#xD; pengembangan sistem untuk membuat sistem interaktif lebih bermanfaat dengan&#xD; berfokus pada penggunaan sistem dan menerapkan faktor manusia / ergonomi&#xD; dan pengetahuan dan teknik kegunaan. Tahapan HCD adalah spesifikasi konteks&#xD; penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi, dan&#xD; evaluasi desain solusi. Metode evaluasi yang digunakan adalah Heuristic&#xD; Evaluation (HE) yang merupakan metode untuk menemukan masalah usability&#xD; dalam User Interface dengan menggunakan 3 - 5 evaluator untuk memeriksa dan&#xD; menilai masalah sesuai dengan prinsip-prinsip usability yang berlaku. Perbaikan&#xD; dilakukan berdasarkan severity ratings dari setiap permasalahan yang ditemukan&#xD; oleh evaluator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain solusi dengan&#xD; pendekatan HCD memiliki nilai usability yang lebih baik dari Aplikasi EzyPOS versi&#xD; 1.0.19. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya jumlah permasalahan yang&#xD; ditemukan pada desain solusi Aplikasi EzyPOS, yaitu dari 20 menjadi 6&#xD; permasalahan.</description><date>2018-12-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Novitasari, Anita Putri (2018) Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/934/051900588</relation><recordID>166960</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Novitasari, Anita Putri
title Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPOS
publishDate 2018
topic 005.437 User interfaces
url http://repository.ub.ac.id/166960/
contents EzyPOS merupakan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanajemen usahanya. Aplikasi EzyPOS memiliki fungsi seperti mesin kasir. Pada penggunaan Aplikasi EzyPOS ditemukan beberapa permasalahan usability sehingga berpengaruh kepada pengalaman pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekomendasikan perbaikan User Interface dan User Experience Aplikasi EzyPOS beserta hasil evaluasi dan analisis keduanya. Pendekatan yang digunakan adalah Human-Centered Design (HCD) yang merupakan pendekatan desain dan pengembangan sistem untuk membuat sistem interaktif lebih bermanfaat dengan berfokus pada penggunaan sistem dan menerapkan faktor manusia / ergonomi dan pengetahuan dan teknik kegunaan. Tahapan HCD adalah spesifikasi konteks penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Metode evaluasi yang digunakan adalah Heuristic Evaluation (HE) yang merupakan metode untuk menemukan masalah usability dalam User Interface dengan menggunakan 3 - 5 evaluator untuk memeriksa dan menilai masalah sesuai dengan prinsip-prinsip usability yang berlaku. Perbaikan dilakukan berdasarkan severity ratings dari setiap permasalahan yang ditemukan oleh evaluator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain solusi dengan pendekatan HCD memiliki nilai usability yang lebih baik dari Aplikasi EzyPOS versi 1.0.19. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya jumlah permasalahan yang ditemukan pada desain solusi Aplikasi EzyPOS, yaitu dari 20 menjadi 6 permasalahan.
id IOS4666.166960
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:51:37Z
last_indexed 2021-10-28T07:51:23Z
recordtype dc
_version_ 1751454153777872896
score 17.538404