Textbook Evaluation On Topic Of ‘‘ When English Rings A Bell ‘‘ For Grade Viii Junior High School
Main Author: | Saputra, David |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166927/ |
Daftar Isi:
- Buku ajar adalah salah satu hal terpenting dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut bisa membantu guru dan siswa dalam penyampaian materi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah topik pada buku “When English Rings A Bell” untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi kriteria berdasarkan teori Cunningsworth (1995). Model penelitian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kualitatif deskriptif. Data diambil di semester pertama dari bab 1 sampai 6 karena itu sudah bisa mewakilkan buku tersebut bagus atau tidak. Penelitiannya berfokus pada topik yang terdapat pada buku. Data analisis berdasarkan pada ceklis kriteria. Peneliti menggunakan ceklis yang diadaptasi dari Cunningswoth (1995). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa buku “When English Rings A bell” untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi semua criteria untuk topik yang bagus berdasarkan criteria dari Cunningsworth (1995). Peneliti menemukan bahwa topik yang nyata tercantum dalam buku, topic pada buku bisa menambah pengalaman siswa, topik yang digunakan sesuai dengan tingkatan pelajar, topic pada buku menggunakan materi yang autentik dan topic pada buku bisa memotivasi siswa. Buku tersebut menerapkan metode pengajaran yang berpusat pada siswa yang menjadi pokok pembelajaran berdasarkan pada kurikulum 2013, mempunyai banyak aktivitas yang bervariasi dan membuat siswa lebih tertarik dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, peneliti memberikan saran dalam penggunaan buku ajar, guru harus mempertimbangkan apakah buku tersebut layak digunakan dan sesuai dengan pembelajaran siswa.