Textbook Evaluation On Topic Of ‘‘ When English Rings A Bell ‘‘ For Grade Viii Junior High School

Main Author: Saputra, David
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166927/
ctrlnum 166927
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/166927/</relation><title>Textbook Evaluation On Topic Of &#x2018;&#x2018; When English Rings A Bell &#x2018;&#x2018; For Grade Viii Junior High School</title><creator>Saputra, David</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Buku ajar adalah salah satu hal terpenting dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut bisa membantu guru dan siswa dalam penyampaian materi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah topik pada buku &#x201C;When English Rings A Bell&#x201D; untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi kriteria berdasarkan teori Cunningsworth (1995).&#xD; Model penelitian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kualitatif deskriptif. Data diambil di semester pertama dari bab 1 sampai 6 karena itu sudah bisa mewakilkan buku tersebut bagus atau tidak. Penelitiannya berfokus pada topik yang terdapat pada buku. Data analisis berdasarkan pada ceklis kriteria. Peneliti menggunakan ceklis yang diadaptasi dari Cunningswoth (1995).&#xD; Hasil dari penelitian menunjukan bahwa buku &#x201C;When English Rings A bell&#x201D; untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi semua criteria untuk topik yang bagus berdasarkan criteria dari Cunningsworth (1995). Peneliti menemukan bahwa topik yang nyata tercantum dalam buku, topic pada buku bisa menambah pengalaman siswa, topik yang digunakan sesuai dengan tingkatan pelajar, topic pada buku menggunakan materi yang autentik dan topic pada buku bisa memotivasi siswa. Buku tersebut menerapkan metode pengajaran yang berpusat pada siswa yang menjadi pokok pembelajaran berdasarkan pada kurikulum 2013, mempunyai banyak aktivitas yang bervariasi dan membuat siswa lebih tertarik dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, peneliti memberikan saran dalam penggunaan buku ajar, guru harus mempertimbangkan apakah buku tersebut layak digunakan dan sesuai dengan pembelajaran siswa.</description><date>2018-11-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Saputra, David (2018) Textbook Evaluation On Topic Of &#x2018;&#x2018; When English Rings A Bell &#x2018;&#x2018; For Grade Viii Junior High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2018/496/051900076</relation><recordID>166927</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Saputra, David
title Textbook Evaluation On Topic Of ‘‘ When English Rings A Bell ‘‘ For Grade Viii Junior High School
publishDate 2018
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/166927/
contents Buku ajar adalah salah satu hal terpenting dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut bisa membantu guru dan siswa dalam penyampaian materi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah topik pada buku “When English Rings A Bell” untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi kriteria berdasarkan teori Cunningsworth (1995). Model penelitian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kualitatif deskriptif. Data diambil di semester pertama dari bab 1 sampai 6 karena itu sudah bisa mewakilkan buku tersebut bagus atau tidak. Penelitiannya berfokus pada topik yang terdapat pada buku. Data analisis berdasarkan pada ceklis kriteria. Peneliti menggunakan ceklis yang diadaptasi dari Cunningswoth (1995). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa buku “When English Rings A bell” untuk siswa kelas delapan tingkat sekolah menengah pertama sudah memenuhi semua criteria untuk topik yang bagus berdasarkan criteria dari Cunningsworth (1995). Peneliti menemukan bahwa topik yang nyata tercantum dalam buku, topic pada buku bisa menambah pengalaman siswa, topik yang digunakan sesuai dengan tingkatan pelajar, topic pada buku menggunakan materi yang autentik dan topic pada buku bisa memotivasi siswa. Buku tersebut menerapkan metode pengajaran yang berpusat pada siswa yang menjadi pokok pembelajaran berdasarkan pada kurikulum 2013, mempunyai banyak aktivitas yang bervariasi dan membuat siswa lebih tertarik dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, peneliti memberikan saran dalam penggunaan buku ajar, guru harus mempertimbangkan apakah buku tersebut layak digunakan dan sesuai dengan pembelajaran siswa.
id IOS4666.166927
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:51:37Z
last_indexed 2021-10-28T07:51:23Z
recordtype dc
_version_ 1751454153904750592
score 17.538404