Penerapan Algoritme Finite State Machine Berbasis Fragment Shader Untuk Proses Pengambilan Keputusan Pada Non Player Character (Studi Kasus Game Battle Tank)
Main Author: | Maulana, Muhtadin Ziqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166845/ |
Daftar Isi:
- Non player character (NPC) merupakan karakter dalam sebuah permainan yang tidak dikendalikan oleh pemain, melainkan dikendalikan oleh komputer melalui program yang dibuat oleh manusia. Dalam model gameAI NPC memiliki karakter untuk melakukan pergerakan dan pengambilan keputusan. Dalam penelitian kali ini penulis menggunakan algoritme finite state machine (FSM) dalam proses pengambilan keputusan. Proses komputasi dalam pengambilan keputusan dari NPC pada umumnya dilakukan oleh central processing unit (CPU). Namun terdapat sebuah ide untuk mengembangkan algoritme FSM yang menggunakan graphics processing unit (GPU) sebagai proses komputasinya. Yaitu dengan melalui program fragment shader. Yang mana dalam proses tersebut diharapkan dapat menambah performa dari algoritme FSM. Dikarenakan proses dilakukan CPU dan GPU dilakukan secara paralel. Dimana GPU melakukan proses pengambilan keputusan algoritme FSM sedangkan CPU melakukan proses movement dari agen NPC. Penerapan dari FSM berbasis fragment shader dibuat dengan menggunakan tiga buah map yaitu agent map, world map dan fsm map. Agent map digunakan untuk menyimpan data state yang sedang dijalankan oleh NPC. World map digunakan untuk menyimpan data event dan trantition rule dari FSM. Sedangkan fsm map digunakan sebagai proses perpindahan state ke state yang lain. Algoritme FSM berbasis fragment shader tersebut penulis diterapkan pada permainan batlle tank. Setelah melakukan proses pengujian terhadap pengaruh jumlah NPC dan pengaruh ukuran peta didapatkan beberapa hasil. Untuk pengujian satu, lima, sepuluh dan sebelas NPC secara berurutan mendapatkan nilai 147, 69, 24 dan 1 FPS. Yang mana menunjukkan bahwa jumlah NPC berpengaruh terhadap algoritme FSM berbasis fragment shader dikarenakan semakin banyak jumlah NPC semakin banyak juga proses FSM yang dilakukan. Untuk pengujian pengaruh ukuran peta permainan dilakukan dengan pengujian ukuran peta 20x20, 30x30 dan 40x40 secara berurutan menghasilkan nilai rata-rata 66, 61 dan 60 FPS. Hal tersebut menunjukkan pengaruh ukuran peta permainan yang semakin besar maka semakin sedikit nilai FPS yang didapatkan. Dikarenakan semakin banyak proses yang dijalankan.