Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (Silat) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi)
Main Author: | Amastha, Osvaldo Sativa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/166091/1/Osvaldo%20Sativa%20Amastha.pdf http://repository.ub.ac.id/166091/ |
ctrlnum |
166091 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/166091/</relation><title>Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha
Perdagangan (Siup) Melalui Sistem
Layanan Perizinan Terpadu (Silat)
(Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota
Bekasi)</title><creator>Amastha, Osvaldo Sativa</creator><subject>352.63 Civil service system</subject><description>Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan salah satu produk
pelayanan perizinan yang paling banyak diakses masyarakat di Kota Bekasi.
Meski begitu, Pelayanan SIUP di Kota Bekasi masih memiliki permasalahan.
Permasalahannya yaitu pelayanan SIUP di Kota Bekasi seringkali tidak tepat
waktu hingga memakan waktu hitungan bulan sehingga kurang memuaskan
masyarakat. Oleh sebab itu, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi meluncurkan inovasi pelayanan
SIUP melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualititatif yang dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) Untuk menganalisis
bagaimanakah inovasi pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui
Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT), dan (2) faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui
Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam melakukan penelitian
ini penulis menggunakan sumber data berupa informan, dokumen, dan peristiwa.
Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
data model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini adalah inovasi pelayanan SIUP melalui SILAT
dilihat dari inovasi metode pelayanan yaitu terdapat perubahan yang baru dalam
hal cara pemberian pelayanan SIUP kepada masyarakat, inovasi proses pelayanan
yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal proses pelayanan SIUP, dan inovasi
sistem yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal cara berinteraksi antar aktor
yang terlibat dalam pelayanan SIUP. Kemudian standar pelayanannya yaitu
berdasarkan PERMENPAN Nomor 15 Tahun 2014 yang terdiri dari persyaratan,
sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya/tarif, produk
pelayanan, serta penanganan pengaduan saran, dan masukan. Kemudian faktor
pendukung dalam pelaksanaan pelayanan SIUP melalui SILAT adalah
kepemimpinan yang mendukung inovasi, adanya tim pengembangan, serta
pegawai yang terdidik dan terlatih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah
adanya permasalahan dalam jaringan server dan perangkat milik masyarakat yang
kurang mumpuni.</description><date>2018-05-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/166091/1/Osvaldo%20Sativa%20Amastha.pdf</identifier><identifier> Amastha, Osvaldo Sativa (2018) Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (Silat) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/504/051807141</relation><recordID>166091</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Amastha, Osvaldo Sativa |
title |
Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha
Perdagangan (Siup) Melalui Sistem
Layanan Perizinan Terpadu (Silat)
(Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota
Bekasi) |
publishDate |
2018 |
topic |
352.63 Civil service system |
url |
http://repository.ub.ac.id/166091/1/Osvaldo%20Sativa%20Amastha.pdf http://repository.ub.ac.id/166091/ |
contents |
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan salah satu produk
pelayanan perizinan yang paling banyak diakses masyarakat di Kota Bekasi.
Meski begitu, Pelayanan SIUP di Kota Bekasi masih memiliki permasalahan.
Permasalahannya yaitu pelayanan SIUP di Kota Bekasi seringkali tidak tepat
waktu hingga memakan waktu hitungan bulan sehingga kurang memuaskan
masyarakat. Oleh sebab itu, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi meluncurkan inovasi pelayanan
SIUP melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualititatif yang dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) Untuk menganalisis
bagaimanakah inovasi pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui
Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT), dan (2) faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui
Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam melakukan penelitian
ini penulis menggunakan sumber data berupa informan, dokumen, dan peristiwa.
Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
data model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini adalah inovasi pelayanan SIUP melalui SILAT
dilihat dari inovasi metode pelayanan yaitu terdapat perubahan yang baru dalam
hal cara pemberian pelayanan SIUP kepada masyarakat, inovasi proses pelayanan
yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal proses pelayanan SIUP, dan inovasi
sistem yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal cara berinteraksi antar aktor
yang terlibat dalam pelayanan SIUP. Kemudian standar pelayanannya yaitu
berdasarkan PERMENPAN Nomor 15 Tahun 2014 yang terdiri dari persyaratan,
sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya/tarif, produk
pelayanan, serta penanganan pengaduan saran, dan masukan. Kemudian faktor
pendukung dalam pelaksanaan pelayanan SIUP melalui SILAT adalah
kepemimpinan yang mendukung inovasi, adanya tim pengembangan, serta
pegawai yang terdidik dan terlatih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah
adanya permasalahan dalam jaringan server dan perangkat milik masyarakat yang
kurang mumpuni. |
id |
IOS4666.166091 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:50:56Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:50:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454158618099712 |
score |
17.538404 |