Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (Silat) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi)

Main Author: Amastha, Osvaldo Sativa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/166091/1/Osvaldo%20Sativa%20Amastha.pdf
http://repository.ub.ac.id/166091/
ctrlnum 166091
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/166091/</relation><title>Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha&#xD; Perdagangan (Siup) Melalui Sistem&#xD; Layanan Perizinan Terpadu (Silat)&#xD; (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota&#xD; Bekasi)</title><creator>Amastha, Osvaldo Sativa</creator><subject>352.63 Civil service system</subject><description>Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan salah satu produk&#xD; pelayanan perizinan yang paling banyak diakses masyarakat di Kota Bekasi.&#xD; Meski begitu, Pelayanan SIUP di Kota Bekasi masih memiliki permasalahan.&#xD; Permasalahannya yaitu pelayanan SIUP di Kota Bekasi seringkali tidak tepat&#xD; waktu hingga memakan waktu hitungan bulan sehingga kurang memuaskan&#xD; masyarakat. Oleh sebab itu, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan&#xD; Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi meluncurkan inovasi pelayanan&#xD; SIUP melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT).&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan&#xD; kualititatif yang dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) Untuk menganalisis&#xD; bagaimanakah inovasi pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui&#xD; Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT), dan (2) faktor pendukung dan faktor&#xD; penghambat dalam pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui&#xD; Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). Jenis data yang digunakan dalam&#xD; penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam melakukan penelitian&#xD; ini penulis menggunakan sumber data berupa informan, dokumen, dan peristiwa.&#xD; Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan&#xD; observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis&#xD; data model interaktif Miles dan Huberman.&#xD; Hasil dari penelitian ini adalah inovasi pelayanan SIUP melalui SILAT&#xD; dilihat dari inovasi metode pelayanan yaitu terdapat perubahan yang baru dalam&#xD; hal cara pemberian pelayanan SIUP kepada masyarakat, inovasi proses pelayanan&#xD; yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal proses pelayanan SIUP, dan inovasi&#xD; sistem yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal cara berinteraksi antar aktor&#xD; yang terlibat dalam pelayanan SIUP. Kemudian standar pelayanannya yaitu&#xD; berdasarkan PERMENPAN Nomor 15 Tahun 2014 yang terdiri dari persyaratan,&#xD; sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya/tarif, produk&#xD; pelayanan, serta penanganan pengaduan saran, dan masukan. Kemudian faktor&#xD; pendukung dalam pelaksanaan pelayanan SIUP melalui SILAT adalah&#xD; kepemimpinan yang mendukung inovasi, adanya tim pengembangan, serta&#xD; pegawai yang terdidik dan terlatih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah&#xD; adanya permasalahan dalam jaringan server dan perangkat milik masyarakat yang&#xD; kurang mumpuni.</description><date>2018-05-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/166091/1/Osvaldo%20Sativa%20Amastha.pdf</identifier><identifier> Amastha, Osvaldo Sativa (2018) Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (Silat) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/504/051807141</relation><recordID>166091</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amastha, Osvaldo Sativa
title Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (Siup) Melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (Silat) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi)
publishDate 2018
topic 352.63 Civil service system
url http://repository.ub.ac.id/166091/1/Osvaldo%20Sativa%20Amastha.pdf
http://repository.ub.ac.id/166091/
contents Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan salah satu produk pelayanan perizinan yang paling banyak diakses masyarakat di Kota Bekasi. Meski begitu, Pelayanan SIUP di Kota Bekasi masih memiliki permasalahan. Permasalahannya yaitu pelayanan SIUP di Kota Bekasi seringkali tidak tepat waktu hingga memakan waktu hitungan bulan sehingga kurang memuaskan masyarakat. Oleh sebab itu, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi meluncurkan inovasi pelayanan SIUP melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualititatif yang dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) Untuk menganalisis bagaimanakah inovasi pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT), dan (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) melalui Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan sumber data berupa informan, dokumen, dan peristiwa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi pelayanan SIUP melalui SILAT dilihat dari inovasi metode pelayanan yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal cara pemberian pelayanan SIUP kepada masyarakat, inovasi proses pelayanan yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal proses pelayanan SIUP, dan inovasi sistem yaitu terdapat perubahan yang baru dalam hal cara berinteraksi antar aktor yang terlibat dalam pelayanan SIUP. Kemudian standar pelayanannya yaitu berdasarkan PERMENPAN Nomor 15 Tahun 2014 yang terdiri dari persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya/tarif, produk pelayanan, serta penanganan pengaduan saran, dan masukan. Kemudian faktor pendukung dalam pelaksanaan pelayanan SIUP melalui SILAT adalah kepemimpinan yang mendukung inovasi, adanya tim pengembangan, serta pegawai yang terdidik dan terlatih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya permasalahan dalam jaringan server dan perangkat milik masyarakat yang kurang mumpuni.
id IOS4666.166091
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:50:56Z
last_indexed 2021-10-28T07:50:22Z
recordtype dc
_version_ 1751454158618099712
score 17.538404