Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading)

Main Author: Akbar, Muhamad Juliatrin Chairul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165984/1/Muhamad%20Juliatrin%20Chairul%20Akbar.pdf
http://repository.ub.ac.id/165984/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth pada Keputusan Pembelian. Variabel bebas yang digunakan adalah variabel Electronic Word Of Mouth (X) sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan penelitian eksplantori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden keputusan pembelian pada Konsumen Restoran Sushi Tei Kelapa Gading. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dan Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reabilitas) dan analisis regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis koefisien determinasi digunakan untuk menghitung besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari analisis diperoleh hasil R 2 (koefisien determinasi) sebesar 0,432. Artinya bahwa 43,2% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Electronic Word Of Mouth (X). Variable keputusan pembelian (Y) di pengaruhi oleh variable kualitas pelayanan dari Electronic Word Of Mouth (X). Hasil pengujian hipotesis koefisien regresi variabel Word Of Mouth (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y), didapatkan nilai thitung sebesar 8,640 dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Electronic Word Of Mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y)