Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)
Main Author: | Darananda, Articha Meilania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165750/1/Articha%20Meilania%20Darananda.pdf http://repository.ub.ac.id/165750/ |
Daftar Isi:
- Pajak merupakan salah satu penerimaan negara yang paling besar di Indonesia. Penerimaan sektor pajak berperan penting dalam meningkatkan derajat hidup masyarakatnya di Indonesia menuju kesejahteraan. Demi tercapainya kesejahteraan rakyat, maka Direktorat Jendral Pajak mengupayakan cara-cara untuk memperoleh penerimaan yang maksimal dari sektor pajak. Salah satu cara yang dilakukan yakni terkait dengan aplikasi teknologi informasi dalam sistem perpajakan. Wujud nyata penerapan teknologi informasi yaitu dengan dilaksanakannya jenis pelayanan baru kepada Wajib Pajak yakni berupa layanan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) dan penyampaian perpanjangan SPT Tahunan berbasis elektronik melalui electronic filing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan ,persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat penggunaan e-filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Hasil analisis dengan menggunakan konsep regresi linear berganda menjelaskan bahwa persepsi kebermanfaatan dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh secara parsial terhadap minat Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu dalam menggunakan sistem e-filing untuk melaporkan SPT Tahunannya. Sebaliknya, persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu dalam menggunakan sistem efiling untuk melaporkan SPT Tahunannya. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah Direktorat Jenderal Pajak diharapkan untuk mengupayakan sistem e-filing yang lebih mudah dan lebih sederhana, sehingga dapat menarik perhatian Wajib Pajak untuk menggunakan sistem e-filing, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu lebih meningkatkan penyuluhan dan sosialisasi tentang e-filing agar semakin banyak Wajib Pajak yang tidak kesulitan dalam menggunakan e-filing. Diharapkan juga kepada penelitian selanjutnya agar memperluas lingkup penelitian dan menambahkan jumlah sampel atau memakai teknik analisis yang berbeda sehingga diharapkan dapat menghasilkan temuan yang memberikan gambaran yang lebih spesifik terhadap peningkatan jumlah Wajib Pajak pengguna sistem e-filing.