Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)
Main Author: | Darananda, Articha Meilania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165750/1/Articha%20Meilania%20Darananda.pdf http://repository.ub.ac.id/165750/ |
ctrlnum |
165750 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/165750/</relation><title>Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi
Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat
Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)</title><creator>Darananda, Articha Meilania</creator><subject>336.2 Taxes</subject><description>Pajak merupakan salah satu penerimaan negara yang paling besar di Indonesia.
Penerimaan sektor pajak berperan penting dalam meningkatkan derajat hidup
masyarakatnya di Indonesia menuju kesejahteraan. Demi tercapainya
kesejahteraan rakyat, maka Direktorat Jendral Pajak mengupayakan cara-cara
untuk memperoleh penerimaan yang maksimal dari sektor pajak. Salah satu cara
yang dilakukan yakni terkait dengan aplikasi teknologi informasi dalam sistem
perpajakan.
Wujud nyata penerapan teknologi informasi yaitu dengan dilaksanakannya jenis
pelayanan baru kepada Wajib Pajak yakni berupa layanan penyampaian Surat
Pemberitahuan (SPT) dan penyampaian perpanjangan SPT Tahunan berbasis
elektronik melalui electronic filing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh persepsi kebermanfaatan ,persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi
kontrol perilaku terhadap minat penggunaan e-filing di Kantor Pelayanan Pajak
Pratama Batu.
Hasil analisis dengan menggunakan konsep regresi linear berganda menjelaskan
bahwa persepsi kebermanfaatan dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh secara
parsial terhadap minat Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu dalam
menggunakan sistem e-filing untuk melaporkan SPT Tahunannya. Sebaliknya,
persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat
Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu dalam menggunakan sistem efiling
untuk melaporkan SPT Tahunannya.
Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah Direktorat Jenderal Pajak
diharapkan untuk mengupayakan sistem e-filing yang lebih mudah dan lebih
sederhana, sehingga dapat menarik perhatian Wajib Pajak untuk menggunakan
sistem e-filing, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu lebih meningkatkan
penyuluhan dan sosialisasi tentang e-filing agar semakin banyak Wajib Pajak yang
tidak kesulitan dalam menggunakan e-filing. Diharapkan juga kepada penelitian
selanjutnya agar memperluas lingkup penelitian dan menambahkan jumlah sampel
atau memakai teknik analisis yang berbeda sehingga diharapkan dapat
menghasilkan temuan yang memberikan gambaran yang lebih spesifik terhadap
peningkatan jumlah Wajib Pajak pengguna sistem e-filing.</description><date>2018-05-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/165750/1/Articha%20Meilania%20Darananda.pdf</identifier><identifier> Darananda, Articha Meilania (2018) Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/419/051806427</relation><recordID>165750</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Darananda, Articha Meilania |
title |
Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi
Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat
Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu) |
publishDate |
2018 |
topic |
336.2 Taxes |
url |
http://repository.ub.ac.id/165750/1/Articha%20Meilania%20Darananda.pdf http://repository.ub.ac.id/165750/ |
contents |
Pajak merupakan salah satu penerimaan negara yang paling besar di Indonesia.
Penerimaan sektor pajak berperan penting dalam meningkatkan derajat hidup
masyarakatnya di Indonesia menuju kesejahteraan. Demi tercapainya
kesejahteraan rakyat, maka Direktorat Jendral Pajak mengupayakan cara-cara
untuk memperoleh penerimaan yang maksimal dari sektor pajak. Salah satu cara
yang dilakukan yakni terkait dengan aplikasi teknologi informasi dalam sistem
perpajakan.
Wujud nyata penerapan teknologi informasi yaitu dengan dilaksanakannya jenis
pelayanan baru kepada Wajib Pajak yakni berupa layanan penyampaian Surat
Pemberitahuan (SPT) dan penyampaian perpanjangan SPT Tahunan berbasis
elektronik melalui electronic filing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh persepsi kebermanfaatan ,persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi
kontrol perilaku terhadap minat penggunaan e-filing di Kantor Pelayanan Pajak
Pratama Batu.
Hasil analisis dengan menggunakan konsep regresi linear berganda menjelaskan
bahwa persepsi kebermanfaatan dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh secara
parsial terhadap minat Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu dalam
menggunakan sistem e-filing untuk melaporkan SPT Tahunannya. Sebaliknya,
persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat
Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu dalam menggunakan sistem efiling
untuk melaporkan SPT Tahunannya.
Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah Direktorat Jenderal Pajak
diharapkan untuk mengupayakan sistem e-filing yang lebih mudah dan lebih
sederhana, sehingga dapat menarik perhatian Wajib Pajak untuk menggunakan
sistem e-filing, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu lebih meningkatkan
penyuluhan dan sosialisasi tentang e-filing agar semakin banyak Wajib Pajak yang
tidak kesulitan dalam menggunakan e-filing. Diharapkan juga kepada penelitian
selanjutnya agar memperluas lingkup penelitian dan menambahkan jumlah sampel
atau memakai teknik analisis yang berbeda sehingga diharapkan dapat
menghasilkan temuan yang memberikan gambaran yang lebih spesifik terhadap
peningkatan jumlah Wajib Pajak pengguna sistem e-filing. |
id |
IOS4666.165750 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:50:35Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:50:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454161281482752 |
score |
17.538404 |