Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi tahun 2013-2016)
Main Author: | Syahrefah, Muhammad Gilbal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165718/1/Muhammad%20Gilbal%20Syahrefah.pdf http://repository.ub.ac.id/165718/ |
Daftar Isi:
- Tanggung Jawab sosial perusahaan merupakan praktik bisnis transparan, yang didasarkan pada nilai-nilai etika, dengan memberikan perhatian pada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk dapat memenuhi keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat secara umum. Atas dasar hal ini, penelitian ini didasarkan pada keyakinan (ontologi) bahwa Tanggung Jawab sosial perusahaan adalah bentuk tanggung jawab bisnis yang berorientasi pada pemenuhan harapan publik terhadap keberadaan suatu bisnis dengan harapan perusahaan memperoleh legitimasi dari public. Ada beberapa faktor yang dianggap dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Penelitian ini menguji pengungkapan tanggung jawab sosial perushaaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2016. Sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan yang sesuai dengan kriteria selama periode penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi. Dari hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) didapat nilai sebesar 42,7% Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dapat dijelaskan oleh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage, sedangkan sisanya 57,3% dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage. Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Variabel Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) dapat dikatakan bahwa Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.