Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi tahun 2013-2016)

Main Author: Syahrefah, Muhammad Gilbal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165718/1/Muhammad%20Gilbal%20Syahrefah.pdf
http://repository.ub.ac.id/165718/
ctrlnum 165718
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/165718/</relation><title>Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi tahun 2013-2016)</title><creator>Syahrefah, Muhammad Gilbal</creator><subject>658.408 Social responsibility of executive management</subject><description>Tanggung Jawab sosial perusahaan merupakan praktik bisnis transparan, yang didasarkan pada nilai-nilai etika, dengan memberikan perhatian pada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk dapat memenuhi keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat secara umum. Atas dasar hal ini, penelitian ini didasarkan pada keyakinan (ontologi) bahwa Tanggung Jawab sosial perusahaan adalah bentuk tanggung jawab bisnis yang berorientasi pada pemenuhan harapan publik terhadap keberadaan suatu bisnis dengan harapan perusahaan memperoleh legitimasi dari public. Ada beberapa faktor yang dianggap dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.&#xD; Penelitian ini menguji pengungkapan tanggung jawab sosial perushaaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2016. Sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan yang sesuai dengan kriteria selama periode penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi.&#xD; Dari hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) didapat nilai sebesar 42,7% Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dapat dijelaskan oleh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage, sedangkan sisanya 57,3% dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage. Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Variabel Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) dapat dikatakan bahwa Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.</description><date>2018-12-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/165718/1/Muhammad%20Gilbal%20Syahrefah.pdf</identifier><identifier> Syahrefah, Muhammad Gilbal (2018) Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi tahun 2013-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2018/1131/051900960</relation><recordID>165718</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syahrefah, Muhammad Gilbal
title Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi tahun 2013-2016)
publishDate 2018
topic 658.408 Social responsibility of executive management
url http://repository.ub.ac.id/165718/1/Muhammad%20Gilbal%20Syahrefah.pdf
http://repository.ub.ac.id/165718/
contents Tanggung Jawab sosial perusahaan merupakan praktik bisnis transparan, yang didasarkan pada nilai-nilai etika, dengan memberikan perhatian pada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk dapat memenuhi keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat secara umum. Atas dasar hal ini, penelitian ini didasarkan pada keyakinan (ontologi) bahwa Tanggung Jawab sosial perusahaan adalah bentuk tanggung jawab bisnis yang berorientasi pada pemenuhan harapan publik terhadap keberadaan suatu bisnis dengan harapan perusahaan memperoleh legitimasi dari public. Ada beberapa faktor yang dianggap dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Penelitian ini menguji pengungkapan tanggung jawab sosial perushaaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2016. Sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan yang sesuai dengan kriteria selama periode penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi. Dari hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) didapat nilai sebesar 42,7% Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dapat dijelaskan oleh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage, sedangkan sisanya 57,3% dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage. Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Variabel Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) dapat dikatakan bahwa Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
id IOS4666.165718
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:50:35Z
last_indexed 2021-10-28T07:50:04Z
recordtype dc
_version_ 1751454161445060608
score 17.538404