Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Main Author: Ramadhana, Habibie Abdul Quddus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165660/1/Habibie%20Abdul%20Quddus%20Ramadhana.pdf
http://repository.ub.ac.id/165660/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna sistem E-learning, (2) pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem E-learning, (3) pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna sistem E-learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian sebanyak 1036 mahasiswa dengan jumlah sampel yang digunakan 92 responden. Merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya angkatan 2015 dan 2016 yang pernah menggunakan sistem informasi e-learning FIA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen data kuesioner. Analisis yang digunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas sistem terhadap variabel kepuasan pengguna sistem e-learning, (2) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas informasi terhadap variabel kepuasan pengguna sistem e-learning, (3) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas sistem terhadap variabel kepuasan pengguna sistem e-learning. Semakin baik persepsi terhadap kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan maka akan semakin meningkatkan kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan diharapkan pihak fakultas ilmu administrasi dapat meningkatkan kualitas informasi terutama dalam hal ketepatan waktu dalam menyajikan informasi.